KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG) Nyimas Sri Rahayu, NPM 208080001, Magister Ilmu Komunikasi Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung

Nyimas Sri Rahayu,, NPM : 208080001 (2022) KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG) Nyimas Sri Rahayu, NPM 208080001, Magister Ilmu Komunikasi Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TESIS - NYIMAS SRI RAHAYU - NPM 208080001.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Pada masa pandemi covid-19, sistem pembelajaran dilakukan secara daring. Namun, setelah kasus covid-19 mengalami penurunan pemerintah menerapkan pembelajaran tatap muka yang dilakukan secara terbatas. Sehingga pada masa pandemi komunikasi pembelajaran dilakukan secara daring dan tatap muka terbatas. Tujuan penelitian ini yakni (1) untuk mengetahui dan mendapatkan data serta menganalisa komunikasi pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di SMA Pasundan 7 Bandung. (2) untuk mengetahui dan mendapatkan data serta menganalisa komunikasi pembelajaran secara tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 di SMA Pasundan 7 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumen pada 10 informan guru dan siswa di SMA Pasundan 7 Bandung dan informan akademisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 secara daring dan menggunakan media seperti handphone, whatsapp, google classroom, google meet, google form, dan zoom meeting. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, guru dan siswa mengalami kendala. Guru menyampaikan materi tidak leluasa, karena pada saat guru menyampaikan dan menjelaskan materi terkadang siswa kurang mudah memahami materi yang dijelaskan. Selain itu, kuota, jaringan, dan HP menjadi kendala yang menghambat komunikasi dalam pembelajaran daring. Solusinya yakni pihak sekolah menyediakan modul pembelajaran untuk namun mempelajarinya di rumah. Sedangkan hasil penelitian mengenai komunikasi pembelajaran tatap muka adalah pembelajaran dilakukan secara langsung di kelas namun dilaksanakan secara terbatas, sehingga disebut pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Komunikasi pembelajaran tatap muka lebih baik dan lancar, karena pembelajaran dilaksanakan secara langsung. Pembelajaran dibagi menjadi dua sesi. Namun dalam pelaksanaan PTMT, pembelajaran daring masih dilaksanakan. Yakni dengan bergantian jenjang kelas, misal pada minggu pertama kelas 10 yang melaksanakan PTMT, maka kelas 11 melaksanakan pembelajaran secara daring. Kendala yang dihadapi terbatasnya waktu, sehingga guru kurang maksimal dalam menyampaikan dan menjelaskan materi. Solusi yang dilakukan guru memberikan waktu untuk siswa bertanya dan berdiskusi di luar jam pelajaran di kelas. Kata Kunci: Komunikasi Pembelajaran, Pembelajaran selama Pandemi Covid-19, Komunikasi Pembelajaran Daring, Komunikasi Pembelajaran Tatap Muka

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 24 May 2022 02:46
Last Modified: 24 May 2022 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57611

Actions (login required)

View Item View Item