ANALISIS KEBUTUHAN PERAWAT BERDASARKAN METODE WORKLOAD INDICATORS STAFF NEED (WISN) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS DI RUANG AURORA RSUD BANDUNG KIWARI)

SRI RAHAYU DEWI, NPM. 208020098 (2022) ANALISIS KEBUTUHAN PERAWAT BERDASARKAN METODE WORKLOAD INDICATORS STAFF NEED (WISN) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS DI RUANG AURORA RSUD BANDUNG KIWARI). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ARTIKEL_SRI RAHAYU_MMRS copy.docx

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis beban kerja tenaga perawat di Instalasi Rawat Inap Aurora RSUD Bandung Kiwari, kualitas pelayanan keperawatan melalui priaku caring, faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pemenuhan kebutuhan SDM perawat serta kendala dalam pelayanan keperawatan, dan untuk mengetahui kebutuhan tenaga perawat berbasis beban kerja menggunakan Metode WISN dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan di Instalasi Rawat Inap Aurora RSUD Bandung Kiwari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, observasi dan studi dokumentasi, pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan produktif perawat adalah sebesar 81 % sedangkan analisis kebutuhan tenaga menggunakan metode WISN adalah sebanyak 36 orang tenaga perawat dengan rasio WISN sebesar 0,75. Artinya terdapat kekurangan tenaga perawat di ruangan Aurora RSUD Bandung Kiwari. Hasil penelitian menyarankan pihak rumah sakit untuk melakukan perencanaan kebutuhan sumber daya manusia berdasarkan beban kerja sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Kata Kunci : Analisis Beban Kerja, WISN, Caring.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 May 2022 03:37
Last Modified: 23 May 2022 03:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57592

Actions (login required)

View Item View Item