STUDI KASUS PUTUSAN NO. 303/PID.B/2019/PNBDG TENTANG PENERAPAN CONCURSUS REALIS TERHADAP SANKSI PIDANA YANG DIJATUHKAN HAKIM KEPADA TERDAKWA

Verren Rachmadhyandra A, 171000239 (2022) STUDI KASUS PUTUSAN NO. 303/PID.B/2019/PNBDG TENTANG PENERAPAN CONCURSUS REALIS TERHADAP SANKSI PIDANA YANG DIJATUHKAN HAKIM KEPADA TERDAKWA. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 2.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
9. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
12. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
13. DAF PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Hukum adalah suatu kontrol sosial yang dilakukan oleh pemerintah. Dengan perkataan lain, kontrol sosial merupakan kehidupan normatif dari suatu negara beserta warga negaranya. Permasalahan hukum di negara Indonesia ini sangat kompleks sekali sebagian besar yang terkait dengan putusan pemidanaan di pengadilan, baik putusan dengan penjara dengan tindak perundingan tunggal maupun dengan gabungan gabungan (perbarengan) atau concursus dari beberapa laporan yang telah terbukti sering kita temukan kejanggalan tentang putusan pengadilan yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pencari keadilan. Salah satu putusan pemidanaan yang sering diterima sorotan publik adalah putusan pemidanaan dalam kasus perbarengan tindak pidana (concursus realis). Identifikasi fakta hukum dalam studi kasus ini adalah apakah yang menjadi dasar pertimbangan hukum dari hakim apabila dalam perkara No. 303/PID.B/2019/PNBDG dikaitkan dengan Asas Concursus Realis, Apakah putusan hakim dalam memutus perkara No. 303/PID.B/2019/PNBDG telah Memenuhi Rasa Keadilan Dalam Hukum Pidana Indonesia. Alat analisis dalam studi kasus ini adalah Alat analisis dalam studi kasus ini adalah Interpretasi Hukum dengan tujuan untuk menemukan kebenaran dengan cara penafsiran hukum baik itu dengan interpretasi secara gramatikal,sistematis. Kesimpulan dari Studi Kasus ini adalah bahwa pelaksanaan penerapan Pasal 65 KUHP tentang Concursus Realis dalam praktek peradilan semua pertimbangan akan diserahkan kepada hakim untuk memutuskan suatu putusan hukum ketika dihadapkan kepadanya suatu perkara di pengadilan, ada hakim yang menerapkan Pasal 65 KUHP dalam memutuskan pemidanaannya ada juga yang tidak. Dengan demikian, jenis pidana yang dipilih dan ditetapkan oleh pembuat undang undang mengikat dan membatasi para penegak hukum yang dalam hal ini hakim dan jaksa serta kepolisian (dalam hal ini penyidik) Kata Kunci: Concursus Realis, Pertimbangan Hakim.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2022
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 21 May 2022 03:59
Last Modified: 21 May 2022 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57568

Actions (login required)

View Item View Item