PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KERUGIAN AKIBAT ORDER FIKTIF LAYANAN GRAB FOOD PADA APLIKASI GRAB DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUHPERDATA

Giri Jonathan, 161000047 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KERUGIAN AKIBAT ORDER FIKTIF LAYANAN GRAB FOOD PADA APLIKASI GRAB DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUHPERDATA. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. BAB 2.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
I. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
J.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
K. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Order fiktif layanan pemesanan makanan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab mengakibatkan driver dan pemilik alamat menjadi rugi dikarenakan harus menanggung order an fiktif tersebut yang bertentangan dengan syarat sah perjanjian. Permasalahan yang akan dikaji adalah perlindungan hukum atas kerugian akibat order fiktif layanan grab food pada aplikasi grab dihubungkan dengan buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, akibat hukum akibat order fiktif layanan grab food pada aplikasi grab yang mengakibatkan kerugian dihubungkan dengan buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, dan penyelesaian akibat order fiktif layanan grab food pada aplikasi grab yang mengakibatkan kerugian. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh dan sistematis mengenai gak-hak yang berkaitan dengan masalah yang diteliti . Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis-normatif. Tahap penelitian berupa penelitian kepustakaan yaitu dengan menggunakan data sekunder berupa bahan hukum primer,bahan hukum sekunder sebagai penjelas mengenai bahan hukum primer dan bahan hukum tersier sebagai bahan hukum penjelasan terhadap bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, serta penelitian lapangan untuk memperoleh data primer sebagai penunjang data sekunder dalam bentuk pengambilan data berupa Studi Dokumen. Alat pengumpul data dalam studi kepustakaan berupa catatan tentang bahan-bahan hukum yang relevan dengan topic penelitian dan dalam studi lapangan. Data analisis dalam penelitian ini menggunakan yuridis-kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Perlindungan Hukum dari perusahaan grab atas orderan fiktif yaitu menyediakan layanan reimbursement/penggantian uang maka driver harus memberikan bukti penerimaan dari pihak panti asuhan, panti asuhan disini sebagai kebijakan dari PT. Grab jika ada kasus seperti ini adalah untuk sosialnya diberikan kepada panti asuhan. Selanjutnya pihak PT. Grab Indonesia akan mengganti uang orderan fiktif tersebut kepada pihak driver. Dalam kasus ini akibat hukum nya yaitu dapat dibatalkan, karena telah melanggar kesepakatan atau tidak sesuai dengan yang diperjanjikan. Upaya penyelesaian dalam permasalahan yaitu dengan cara musyawarah terlebih dahulu kemudian ada kebijakan dari PT. Grab Indonesia telah berupaya mengatasi kerugian yang dialami oleh pengemudi Grab Food dengan cara memberikan uang ganti kerugian kepada para driver tersebut. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Order Fiktif, Kerugian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2022
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 19 May 2022 02:33
Last Modified: 19 May 2022 02:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57539

Actions (login required)

View Item View Item