KOMUNIKASI PERSUASIF DISNAKERTRANS KOTA BOGOR MENGATASI MASALAH PENGANGGURAN GENERASI MILENIAL

Yusuf Hartawan, Yusuf.hartawan@unpas.ac.id (2022) KOMUNIKASI PERSUASIF DISNAKERTRANS KOTA BOGOR MENGATASI MASALAH PENGANGGURAN GENERASI MILENIAL. LINIMASA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 3 (2). pp. 80-98. ISSN E-ISSN : 2614-0381, ISSN : 2614-0373

[img]
Preview
Text
4. KOMUNIKASI PERSUASIF DISNAKERTRANS KOTA BOGOR.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
peer review komunikasi persuasif.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Komunikasi Persuasif yang dilakukan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Bogor dalam mengimplementasikan program pengurangan pengangguran melalui Media Sosial (Instagram) pada generasi Milenial. Teori yang digunakan adalah teori perubahan sikap (Attitude Change Theory) dari Carl Hovland. Teori ini membangun suatu dasar pemikiran (Ground Work) mengenai hubungan antara stimulus komunikasi, kecenderungan diri Audiens dan perubahan pendapat dari pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi Etnografi visual melalui pengamatan langsung (realitas) dan terperinci melalui Online. Dalam menentukan informan atau subjek penelitian dipilih dari partisipan berdasarkan aktivitas pengguna Instagram khususnya pencari kerja yang diwakili oleh tujuh orang dan tiga karyawan Disnakertrans Kota Bogor. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam secara Online, kemudian data yang diperoleh disusun dan dilakukan pengkodingan dalam tahapan Triangulasi sumber sebagai validitas. Hasil penelitian pada Kantor Disnakertrans Kota Bogor dengan program pengurangan pengangguran melalui Media Sosial Instragram menghasilkan respon baik dari penggunanya khususnya pencari kerja Millenial dengan banyaknya menjadi Followers. Komunikasi Persuasif yang dilakukan oleh Disnakertrans Kota Bogor dengan mengajak dan merubah pendapat dari pada para Followers nya menghasilkan jumlah pencari kerja yang telah mendapatkan pekerjaan, sehingga mengurangi jumlah penganguran, artinya berkurangnya pengangguran di Kota Bogor termasuk dari program Disnakertrans Kota Bogor yang dianggap berhasil. Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Media Sosial, Intragram, Milenial, Pengangguran

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2020
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 18 May 2022 02:48
Last Modified: 18 May 2022 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57522

Actions (login required)

View Item View Item