Khoirunnisa, 172030008 (2022) PERAN SOUTHEAST ASIAN MINISTERS OF EDUCATION ORGANIZATION (SEAMEO) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN USIA DINI DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
Berlandaskan bahwa semua manusia mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak maka pendidikan usia dini menjadi salah satu agenda global PBB poin 4. Pendidikan menjadi salah satu prioritas utama yang berpengaruh dalam pembentukan karakter yang sesuai dengan idiologi serta identitas bangsa dan juga pada akhirnya digunakan untuk meningkatkan sumber daya manusia agar bangsanya dapat hidup sejahtera. Indonesia sebagai negara anggota kedua organisasi tersebut berhak mendapat bantuan, khususnya dalam penanganan persoalan pendidikan usia dini di Indonesia. Berdasarkan hasil pengamatan akan sistem pendidikan di Indonesia, ada permasalahan tidak setara nya akses Pendidikan, kualitas guru yang rendah dan infrastruktur yang tidak mendukung, Dalam cakupan Asia Tenggara organisasi internasional di bidang Pendidikan bernama Southeast Asian Ministers of Education Organizasion (SEAMEO) membahas tentang permasalahan Pendidikan yang terjadi di Kawasan Asia Tenggara yang pada akhirnya akan menyatakan sebuah solusi bersama agar masalah yang terjadi dapat selesai, resolusi ini lalu akan di implementasikan oleh kementerian terkait negara anggota. Penelitian ini akan berfokus ke area prioritas pertama yaitu pendidikan anak usia dini. SEAMEO membantu Indonesia dalam penanganan persoalan pendidikan usia dini lewat badan fungsional yaitu SEAMEO CECCEP. Indonesia yang bergabung dalam SEAMEO pun mengimplementasikan program rekomendasi SEAMEO periode tahun 2016 sampai 2020 ada 10 rekomendasi program dari SEAMEO. Program tersebut dapat terimplementasikan dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini ditandai dengan meningkatnya jumlah murid di sekolah regular dengan melihat adanya peningkatan jumlah sekolah penyelenggaraan pendidikan berkembang nya materi pengajaran dan pembelajaran atas bantuan penelitian dan inovasi SEAMEO CECCEP maka anggaran terhadap penyelenggaraan sekolah pendidikan usia dini pun menjadi lebih efektif karena tertuju kepada sekolah dan guru, untuk meningkatkan kualitas guru dalam menyelenggarakan pendidikan usia dini dan berbagi ide tentang praktik dalam menyampaikan materi pelajaran maupun pengajaran. Dalam program ini mengharuskan pemerintah turut membantu, melatih dan memantau pusat pendidikan anak usia dini untuk memastikan bahwa program menyeluruh terlaksana dan sesuai target. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana peran SEAMEO dalam meningkatkan kualitas pendidikan usia dini di Indonesia, dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa teori yaitu teori kerjasama internasional, organisasi internasional dan pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini karena dinilai perlu untuk menjadi dasar pemahaman penulis melihat dari isi permasalahan penelitian. Kata kunci : SEAMEO, Pendidikan anak usia dini, Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 17 May 2022 08:42 |
Last Modified: | 18 May 2022 01:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57511 |
Actions (login required)
View Item |