RELOKASI FASILITAS SPPBE PT. PERTAMINA WILAYAH PEMASARAN KOTA BANDUNG TIMUR DENGAN PENDEKATAN PARALLEL HYBRID METAHEURISTIK

Tuzzahra, Audya Maghfira (2021) RELOKASI FASILITAS SPPBE PT. PERTAMINA WILAYAH PEMASARAN KOTA BANDUNG TIMUR DENGAN PENDEKATAN PARALLEL HYBRID METAHEURISTIK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Audya Maghfira Tuzzahra_173010025_Teknik Industri.pdf

Download (482kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT Pertamina merupakan perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini salah satunya yaitu gas LPG (Liquefied Petroleum Gas). PT Pertamina memiliki 6 SPPBE yang berada di satu wilayah yaitu di Kota Bandung Timur dengan 72 agen yang dilayani. Hal ini menyebabkan jarak yang ditempuh dari SPPBE ke setiap agen menjadi besar. Lokasi 6 SPPBE dengan sebagian agen jaraknya cukup jauh yang mengakibatkan besarnya jarak yang ditempuh selain itu juga akan menghasilkan biaya distribusi yang tinggi. Maka dari itu, penelitian ini mengusulkan untuk melakukan pemecahan masalah tersebut. Dalam penelitian ini akan dilakukan relokasi 6 SPPBE dengan pendekatan 3 metode yaitu genetic algorithm, hybrid genetic algorithm - greedy randomized adaptive search procedures (grasp) dan hybrid genetic algorithm – ant colony optimization. Peneliti mencoba untuk melihat sejauh mana metode yang diusulkan dapat memperbaiki kekurangan pada penelitian sebelumnya oleh Rika Rosdiana tahun 2019 yang hanya menggunakan metode multimedia heuristic. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, terdapat penurunan jarak dibandingkan dengan penelitian sebelumnya dengan jarak 48,325 km, sedangkan dengan metode GA sebesar 46,301 km, metode GA-GRASP sebesar 46,4393 km dan GA-ACO sebesar 45,9572 km. Dapat disimpulkan bahwa jika jarak yang dihasilkan lebih kecil, maka biaya distribusi yang dihasilkan juga akan lebih kecil. Kata Kunci : Genetic Algorithm, Greedy Randomized Adaptive Search Procedures, Ant Colony Optimization, multimedian heuristic.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2021
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 17 May 2022 07:57
Last Modified: 17 May 2022 07:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57507

Actions (login required)

View Item View Item