PERANAN NATIONAL CENTRAL BUREAU (NCB) INTERPOL DAN BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT) DALAM UPAYA MEMERANGI TERORISME DI INDONESIA

Sheilla Miranti Pranitawijaya, 142030062 (2022) PERANAN NATIONAL CENTRAL BUREAU (NCB) INTERPOL DAN BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT) DALAM UPAYA MEMERANGI TERORISME DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 Bahasa.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (17kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)

Abstract

Maraknya berbagai serangan bom di tanah air telah mendorong pemerintah untuk memberikan perhatian yang lebih serius terhadap terorisme. Negara merupakan otoritas tertinggi dalam menjalankan sebuah kebijakan dan memiliki kewajiban untuk melindungi seluruh warganya dari ancaman maupun serangan yang dilakukan oleh aktor negara maupun non-negara (terorisme). Dalam menanggulangi terorisme, perlu adanya kerjasama antara satu lembaga dengan lembaga lainnya. Baik itu kerjasama ruang lingkup nasional maupun internasional. Hal yang menarik perhatian penulis untuk meneliti adalah: Sejauh mana aksi terorisme dapat mengancam keamanan di Indonesia? Bagaimana koordinasi antara NCB-Indonesia dan BNPT dalam menyusun program-program untuk memerangi terorisme di Indonesia? Lalu bagaimana program-program NCB-Indonesia dan BNPT dalam memerangi aksi terorisme di Indonesia? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana aksi terorisme dapat mengancam keamanan di Indonesia, selanjutnya untuk mengetahui bagaimana koordinasi NCB-Indonesia dan BNPT dalam menyusun program-program untuk memerangi terorisme di Indonesia, terakhir untuk mengetahui bagaimana program-program NCB-Indonesia dan BNPT dalam memerangi aksi terorisme di Indonesia. Adapun manfaat penelitian ini adalah, diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai upaya penanggulangan terorisme yang dilakukan oleh NCB-Indonesia dan BNPT. Selanjutnya, penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan kajian isu hubungan internasional, khususnya bidang keamanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan bagaimana koordinasi dan program-program yang dijalankan antara NCB-Indonesia dan BNPT dalam memerangi aksi terorisme di Indonesia. Selanjutnya, metode Ex Post-Facto yaitu metode yang bertujuan untuk mengungkap sesuatu yang telah terjadi. Dalam hal ini, mengungkap kasus-kasus terorisme yang telah terjadi di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah: untuk memerangi terorisme di Indonesia, NCB-Indonesia bekerjasama dengan lembaga kepolisian di negara lain dan sesama negara anggota Interpol. NCB-Indonesia juga membuat suatu inovasi yang berupa sistem dan aplikasi pendeteksi teroris. Selain itu, NCB-Indonesia memberikan pelatihan dan pembimbingan bagi para personelnya dalam meningkatkan kemampuan serta keterampilan penanganan terorisme. NCB-Indonesia melakukan operasi-operasi di perbatasan darat, laut maupun udara untuk menangkap teroris yang melintas di wilayah negara anggota Interpol. Di sisi lain, BNPT berkoordinasi dengan 32 kementerian dan lembaga dalam menanggulangi terorisme. BNPT melakukan penegakan hukum (dengan tetap menghormati HAM) terhadap para pelaku aksi teror di Indonesia. Ada juga program deradikalisasi, kontra deradikalisasi, dan kontra naratif. NCB-Indonesia dan BNPT bekerjasama terkait dengan dugaan adanya data organisasi teroris. Kata Kunci: Terorisme, Keamanan, Kerjasama Internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2014
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 May 2022 07:38
Last Modified: 17 May 2022 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57497

Actions (login required)

View Item View Item