PENGARUH MANAJEMEN LABA, MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN INTENSITAS MODAL TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan, Minuman dan Rokok yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020)

Silvi Salma Nurwafa, 184020132 and Dadan Soekardan, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH MANAJEMEN LABA, MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN INTENSITAS MODAL TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan, Minuman dan Rokok yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1, 2, 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi Pengaruh Manajemen Laba, Mekanisme Corporate Goveranance dan Intensitas Modal terhadap Agresivitas Pajak pada perusahaan manufaktur subsektor makanan, minuman dan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonedia (BEI) periode 2016-2020. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria: (1) Perusahaan manufaktur subsektor makanan, minuman dan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 5 (lima) dalam periode tahun 2016-2020. (2) Perusahaan manufaktur subsektor makanan, minuman dan rokok yang tidak mengalami kerugian dalam periode penelitian, yaitu pada tahun 2016-2020. (3) Perusahaan manufaktur subsektor makanan, minuman dan rokok yang melaporkan data yang dibutuhkan dengan lengkap selama periode 2016-2020. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan asosiatif. Analisis statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji f, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, analisis korelasi parsial, analisis korelasi simultan, koefisien determinasi parsial dan koefisien determinasi simultan. Berdasarkan hasil penelitian perusahaan manufaktur subsektor makanan, minuman dan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonedia (BEI) periode 2016- 2020. Manajemen Laba berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak dengan kontribusi yang diberikan sebesar 18.8%. Kepemilikan Manajerial berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak dengan kontribusi yang diberikan sebesar 13.1%. Kepemilikan Institusional berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak dengan kontribusi yang diberikan sebesar 11%. Dewan Komisaris Independen berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak dengan kontribusi yang diberikan sebesar 7.3%. Komite Audit berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak dengan kontribusi yang diberikan sebesar 7.8%. Sedangkan secara simultan Mekanisme Corporate Governance berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak dengan kontribusi yang diberikan sebesar 39.2%. Intensitas Modal berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak dengan kontribusi yang diberikan sebesar 16.8%. Kata kunci: Manajemen Laba, Mekanisme Corporate Governance, Intensitas Modal, Agresivitas Pajak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 17 May 2022 02:01
Last Modified: 17 May 2022 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57312

Actions (login required)

View Item View Item