IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DI DESA KERTAWANGI KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT PADA MASA COVID-19

Muhamad Ikhsan Kamil, 172010095 (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DI DESA KERTAWANGI KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT PADA MASA COVID-19. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
abstrak.docx

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK Sunda.docx

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (29kB)
[img] Text
cover.docx

Download (46kB)
[img] Text
abstrack.docx

Download (23kB)
[img] Text
bab2.docx

Download (61kB)
[img] Text
bab1.docx

Download (38kB)

Abstract

Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Kertawangi Kabupaten Bandung Barat pada Masa Covid-19 merupakan program pemerintah Indonesia dalam bentuk pemberian bantuan uang tunai kepada masyarakat miskin di Desa. Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini dalam pelaksanaannya tentu melibatkan Pemerintah Desa sebagai implementor utama dalam mengimplementasikan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Implementasi yang dilaksanakan pemerintah Desa Kertawangi belum sepenuhnya berhasil karena masih terdapat beberapa kendala, permasalahan yang paling timbul adalah permasalahan sumberdaya yang dimiliki dan komunikasi yang belum maksimal dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat pada Masa Pandemi Covid-19 berdasarkan pada parameter komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang mana teknik dari pengumpulan datanya penulis melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada para informan yang terdiri dari Kepala Desa Kertawangi, Sekretaris Desa Kertawangi dan Kepala Bagian Keuangan Desa Kertawangi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, implementasi kebijakan program bantuan langsung tunai dana desa di Desa Kertawangi belum sepenuhnya dilakukan dengan baik masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi seperti kurangnya kualitas sumber daya dan komunikasi yang berakibat kurangnya pengetahuan masyarakat terkait program tersebut dan kurang tepatnya sasaran penerima dari program bantuan langsung tunai tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 May 2022 01:28
Last Modified: 17 May 2022 01:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57299

Actions (login required)

View Item View Item