ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI KABUPATEN SUMEDANG (STUDI KASUS KANTOR UNIT PELAKSANAAN TEKNIS DAERAH PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SUMEDANG)

ELKE OLGHANA ELFASYA, 172010067 (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI KABUPATEN SUMEDANG (STUDI KASUS KANTOR UNIT PELAKSANAAN TEKNIS DAERAH PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SUMEDANG). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI ELKE OLGHANA ELFASYA-172010067.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ELKE OLGHANA ELFASYA-172010067.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI ELKE OLGHANA ELFASYA-172010067.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ELKE OLGHANA ELFASYA-172010067.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I & BAB II SKRIPSI ELKE OLGHANA ELFASYA-172010067.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari adanya masalah mengenai Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di Kabupaten Sumedang (Studi Kasus Kantor Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Pada Dinas Perhubungan di Kabupaten Sumedang). Masalah yang terjadi yaitu pada masa Adaptasi kebiasaan baru jumlah kendaraan yang melakukan pengujian kendaraan bermotor menjadi sepi sehingga berkurangnya Pendapatan Asli Daerah dari pengujian kendaraan, hal ini karena kurang nya kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan pengujian kendaraanya dan diduga disebabkan karena terbatas nya sumber daya penguji yang berpengaruh terhadap waktu pelayanan dan biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas dan mendalam pelaksanaan Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan kepada Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor, Penguji dan masyarakat yang melakukan pengujian kendaraan, Observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah menggunakan prosedur kualitatif menurut Miles & Huberman (1992:16) meliputi Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pelayanan yang diberikan belum sepenuhnya berjalan cukup baik dan masih kurang optimal karena mengingat sumber daya penguji yang masih kurang dan berpengaruh terhadap waktu pelayanan, masih adanya biaya tambahan yang diminta, serta sarana prasarana yang belum terpenuhi yaitu ruang tunggu agar kualitas pelayanan yang diharapkan dapat tercapai dengan maksimal. Saran peneliti untuk UPTD Pengujian kendaraan bermotor Kabupaten Sumedang harus lebih aktif lagi dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya melakukan pengujian kendaraan bermotor dimasa adaptasi kebiasaan baru dengan melakukan pengumuman melalui media, internet atau pendekatan langsung kepada masyarakat. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 May 2022 01:16
Last Modified: 17 May 2022 01:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57296

Actions (login required)

View Item View Item