ANALISIS TATA KELOLA DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN UNTUK MENYONGSONG MERDEKA BELAJAR (Suatu Kasus di SMA Negeri 25 Bandung)

TISSA JUNITA, NPM : 198020015 (2022) ANALISIS TATA KELOLA DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN UNTUK MENYONGSONG MERDEKA BELAJAR (Suatu Kasus di SMA Negeri 25 Bandung). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
JURNAL TESIS TISSA JUNITA.docx

Download (135kB)

Abstract

Dunia pendidikan saat ini tengah menghadapi berbagai tantangan dan juga peluang dalam menghasilkan sumber daya yang berkualitas dan mampu menghadapi persaingan global. Kemendikbud mencanangkan reformasi sistem pendidikan Indonesia melalui kebijakan Merdeka Belajar. Pendidikan yang bermutu sulit dapat berjalan baik tanpa dukungan biaya yang memadai. Dalam pendidikan yang bermutu pemerintah memberikan atau meringankan biaya pendidikan melalui program Bantuan Operasional Sekolah (BOS). SMA Negeri 25 Bandung merupakan salah satu sekolah negeri yang mendapatkan dana BOS. Pengelolaannya pun sudah seharusnya dilaksanakan dengan prinsip-prinsip pengelolaan penggunaan dana BOS sehingga dapat memenuhi kebutuhan proses pendidikan kemudian dapat meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mengkaji tata kelola dana BOS, kualitas pendidikan untuk menyongsong Merdeka Belajar, dan tata kelola dana BOS dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dalam menyongsong Merdeka Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif sebagaimana yang disarankan oleh (Sugiono, 2016:9) metode kualitatif berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara tiangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/ kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian menunjukan, SMA Negeri 25 Bandung telah melaksanakan prinsip-prinsip pengelolaan penggunaan dana BOS, telah melaksanakan kebijakan Merdeka Belajar Episode 1, dan telah melaksanakan kebijakan Merdeka Belajar Episode 3. Saran yang harus dijadikan pertimbangan adalah publikasi dana BOS dapat diakses oleh media yang mudah diakses oleh masyarakat dimana saja, dan pelaksanaan Assesmen Nasional dilakukan oleh siswa yang dipilih langsung oleh pihak sekolah. Kata Kunci: Dana BOS, Kualitas Pendidikan, Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 May 2022 02:56
Last Modified: 14 May 2022 02:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57279

Actions (login required)

View Item View Item