STRATEGI OPTIMALISASI MODAL INTELEKTUAL (INTELLECTUAL CAPITAL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA DAN NILAI ORGANISASI (Studi pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV)

YENI ROSPIANI, NPM. 179010005 (2022) STRATEGI OPTIMALISASI MODAL INTELEKTUAL (INTELLECTUAL CAPITAL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA DAN NILAI ORGANISASI (Studi pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
YENI ROSPIANI_DIM - Copy.doc

Download (356kB)

Abstract

Modal intelektual (intellectual capital) merupakan pengetahuan yang terhubung dengan manusia, struktur, dan konsumen/stakeholder. Penelitian ini mengeksplorasi pengungkapan, pengukuran, dan identifikasi kendala modal intelektual yang dihadapi, serta strategi optimalisasi modal intelektual dalam meningkatkan kinerja dan nilai organisasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif serta analisis SWOT dengan empat tahapan berupa identifikasi, pengumpulan data, analisis, dan hasil penelitian. Analisis modal intelektual dilakukan melalui pengungkapan dan pengukuran modal intelektual di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV memiliki seluruh komponen modal intelektual manusia dengan kompetensi rata-rata baik. Modal intelektual struktural sebesar 52,94%. Modal intelektual konsumen/stakeholder sebesar 54 % dengan tingkat kepuasan dan pengakuan konsumen kategori baik. Penelitian menemukan metode dalam menetapkan kompetensi dengan menggunakan kriteria modal intelektual, ditemukan pula bahwa optimalisasi modal intelektual pada organisasi sejenis harus dilakukan secara bersamaan agar modal manusia sebagai penggerak, modal struktural sebagai daya dukung, dan modal konsumen sebagai pengubah modal intelektual dapat menghasilkan peningkatan kinerja dan nilai organisasi. Diungkapkan pula strategi yang dikembangkan dalam rangka menemukan langkah sistematis optimalisasi modal intelektual. Kata kunci: Optimalisasi, modal intelektual manusia, modal intelektual struktural, modal intelektual konsumen/stakeholder, kinerja, nilai organisasi.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 13 May 2022 06:46
Last Modified: 13 May 2022 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57262

Actions (login required)

View Item View Item