STRATEGI KOMUNIKASI KESEHATAN UNTUK MENCEGAH PENULARAN HIV AIDS DI MASA PANDEMI OLEH KOMISI PENANGGULANGAN AIDS (KPA) KOTA BANDUNG

Mugiya Aljandi Malik, 182050158 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI KESEHATAN UNTUK MENCEGAH PENULARAN HIV AIDS DI MASA PANDEMI OLEH KOMISI PENANGGULANGAN AIDS (KPA) KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Kesehatan Untuk Mencegah Penularan HIV AIDS Oleh Komisi Penanggulangan AIDS di Kota Bandung”. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan Strategi Komunikasi Kesehatan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung untuk mencegah penularan HIV AIDS di Kota Bandung di Masa Pandemi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model komunikasi perencanaan Philip Lesly untuk mengemukakan pertanyaan serta menganalisis strategi komunikasi kesehatan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan prosedur studi kepustakaan, wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sehingga peneliti dapat mengetahui bagaimana strategi komunikasi kesehatan untuk mencegah penularan HIV/AIDS oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung di masa pandemi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi kesehatan yang dilakukan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung dalam mencegah penularan HIV/AIDS di masa pandemi, memiliki beberapa tahapan yaitu tahapan analisis & riset merupakan tingginya kasus HIV/AIDS, stigma negatif, dan kurangnya edukasi masyarakat mengenai HIV/AIDS. Tahapan perumusan kebijakan yaitu mendiskusikan masalah melalui cara problem tree dengan instansi yang terlibat, melatih LSM dan relawan, mencari bahan konten dan merencanakan kegiatan komunikasi. Tahapan perencaanaan program merupakan dana berasal dari Dana Hibah Pemerintahan Kota Bandung yang di rekomendasikan oleh Dinas Kesehatan. Sedangkan untuk LSM adalah dana dari Global Fund, tenaga berasal dari instansi yang terkait untuk bekerja sama dalam program pencegahan, fasilatas menggunakan fasilitas yang disesuaikan dengan dana atau menggunakan fasilitas pemerintahan serta fungsi media sosial. Tahapan Kegiatan Komunikasi yaitu sosialisasi, komunikasi langsung, peer to peer atau peer suport, website dan media sosial. Kata Kunci : Model Perencanaan Komunikasi Philip Lesly, Strategi Komunikasi Kesehatan, Pencegahan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 13 May 2022 02:36
Last Modified: 13 May 2022 02:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57250

Actions (login required)

View Item View Item