OPTIMASI FORMULA BUBUR INSTAN BERBASIS TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolor L.) DAN BERAS JAGUNG HALUS (Zea mays L.) DENGAN PENAMBAHAN SARI DAUN BLACK MULBERRY (Morus nigra L.) MENGGUNAKAN DESIGN EXPERT METODE D-OPTIMAL

Indriyani, Mely (2022) OPTIMASI FORMULA BUBUR INSTAN BERBASIS TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolor L.) DAN BERAS JAGUNG HALUS (Zea mays L.) DENGAN PENAMBAHAN SARI DAUN BLACK MULBERRY (Morus nigra L.) MENGGUNAKAN DESIGN EXPERT METODE D-OPTIMAL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Mely Indriyani_173020106_Teknologi Pangan.pdf

Download (546kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kandungan gizi yang terdapat pada tepung sorgum, beras jagung halus, dan sari daun black mulberry, dapat digunakan sebagai bahan utama untuk pengayaan produk pangan yang siap di konsumsi, salah satunya pada produk bubur instan. Pemanfaatan tepung sorgum, beras jagung halus, dan sari daun black mulberry sebagai bubur instan merupakan bentuk inovasi produk pangan untuk dapat bermanfaat bagi Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan optimasi formula bubur instan berbasis tepung sorgum dan beras jangung halus dengan penambahan sari daun black mulberry menggunakan Design Expert metode D-Optimal versi 13. Tahapan penelitian yang dilakukan, meliputi : (1) Penetuan bahan baku beras jagung halus dari 3 merek yang berbeda, (2) Mengetahui kandungan protein yang terdapat pada daun Black Mulberry, (3) Optimasi formula bubur instan berbasis tepung sorgum dan beras jangung halus dengan penambahan sari daun black mulberry menggunakan Design Expert metode D-Optimal versi 13, (4) Uji Verifikasi formula bubur instan berbasis tepung sorgum dan beras jangung halus dengan penambahan sari daun black mulberry menggunakan Design Expert metode D-Optimal versi 13. Hasil penelitian berdasarkan prediksi program design expert versi 13 menunjukkan bahwa optimasi formula dengan nilai uji waktu larut 27,495 detik, protein 20,52%, karbohidrat 57,30%, Lemak 0,89%, kalori 319,29 Kkal, dan nilai organoleptik dengan parameter warna 4,10, aroma 4,63, rasa 4,57, dan tekstur 4,80. Kemudian, didapatkan nilai ketepatan (desirability) yaitu 0,773. Kata Kunci : Tepung sorgum, Beras jagung halus, Daun black mulberry, Design Expert, Bubur instan, Optimasi formula.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 May 2022 08:07
Last Modified: 11 May 2022 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57217

Actions (login required)

View Item View Item