OPTIMALISASI FORMULA MINUMAN SERBUK INSTAN KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris) MENGGUNAKAN APLIKASI DESIGN EXPERT 11.0 DENGAN METODE D-OPTIMAL

Chutami, Novani Yulis (2022) OPTIMALISASI FORMULA MINUMAN SERBUK INSTAN KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris) MENGGUNAKAN APLIKASI DESIGN EXPERT 11.0 DENGAN METODE D-OPTIMAL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Novani_173020088_TekPang.pdf

Download (853kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai pencarian formulasi optimum dengan bahan baku kacang merah yang akan dibuat dalam bentuk minuman serbuk. Berdasarkan jumlah produksi kacang merah di Indonesia yang cukup banyak, umur simpan yang panjang serta mudah penyimpanannya. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi minuman sari kacang hijau yang akan dikemas menjadi produk baru yaitu dalam bentuk serbuk yang mudah disimpan, serta mudah proses penyajiannya. Penelitian ini terbagi menjadi penelitian pendahuluan dan penelitian utama. penelitian pendahuluan yaitu mencari suhu dan waktu pengeirngan terbaik dalam pembuatan tepung kacang merah yaitu di bawah 3% sesuai SNI tentang Minuman Serbuk Tradisional. Penelitian utama yaitu menentukan formulasi optimum pembuatan Minuman Serbuk Instan Kacang Merah menggunakan aplikasi Design Expert metode d-optimal. Respon yang digunakan yaitu respon kimia kadar air, dan kadar protein, respon fisik waktu larut, dan kestabilan, dan respon organoleptik warna, aroma, rasa, dan kekentalan. Program Design Expert menghasilkan satu formula optimum dengan komposisi serbuk kacang merah sebesar 65,96%, sukrosa sebesar 20%, maltodekstrin sebesar 13,60%, dan CMC sebesar 0,45%. Formula tersebut menghasilkan produk dengan kadar air sebesar 1,94%, kadar protein sebesar 10,44%, waktu larut selama 259 detik, kestabilan sebesar 72,48%, organoleptik warna sebesar 3,48, aroma sebesar 3,48, rasa sebesar 3,64 dan kekentalan sebesar 3,8. Kata kunci : Minuman Serbuk Instan Kacang Merah, Design Expert, Formulasi Optimum, Kacang Merah, Protein.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 May 2022 07:59
Last Modified: 11 May 2022 07:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57215

Actions (login required)

View Item View Item