PENGARUH SUHU DAN KECEPATAN PUTAR SILINDER DRUM DRYER TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUR INSTANT BERBASIS MILLET MERAH (Eleusine coracana) DAN KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L.)

Utami, Shilfie Rohmatillah (2022) PENGARUH SUHU DAN KECEPATAN PUTAR SILINDER DRUM DRYER TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUR INSTANT BERBASIS MILLET MERAH (Eleusine coracana) DAN KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Shilfie Rohmatillah Utami_163020012_Teknologi Pangan.pdf

Download (562kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu dan kecepatan putar silinder drum dryer terhadap karakteristik bubur instan berbasis millet merah dan kacang merah sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima oleh panelis. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 faktorial dimana terdapat 2 faktor dan 3 taraf dengan 3 kali ulangan, sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Respon pada penelitian ini adalah respon kimia yang meliputi kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak dan kadar karbohidrat, adapun respon fisik yaitu solubility, cooking time dan respon sensori yang meliputi warna, aroma, rasa dan tekstur. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa faktor suhu silinder drum dryer berpengaruh terhadap respon kimia (kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak dan kadar karbohidrat), respon fisik (solubility dan cooking time) dan respon sensoris (atribut warna dan rasa). Pada faktor kecepatan putar silinder drum dryer berpengaruh terhadap respon kimia (kadar air, kadar abu dan karbohidrat), akan tetapi tidak berpengaruh pada respon fisik (solubility dan cooking time) dan respon sensoris (atribut warna dan aroma). Sedangkan interaksi antara suhu dan kecepatan putar silinder drum dryer berpengaruh terhadap respon kimia (kadar air, kadar abu dan kadar karbohidrat) dan respon sensori (atribut aroma). Kata kunci : Bubur instan, millet merah, suhu, kecepatan putar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 May 2022 07:55
Last Modified: 11 May 2022 07:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57214

Actions (login required)

View Item View Item