ANALISIS EVALUASI OMH AWAL GUDANG TERHADAP METODE CLASS BASED STORAGE DAN PEMBUATAN QR CODE SEBAGAI INPUT SYSTEM KOMPONEN DI GUDANG DIVISI ALAT BERAT (STUDI KASUS :PT. PINDAD (PERSERO)

SUKMA, TSANIYA NUR (2022) ANALISIS EVALUASI OMH AWAL GUDANG TERHADAP METODE CLASS BASED STORAGE DAN PEMBUATAN QR CODE SEBAGAI INPUT SYSTEM KOMPONEN DI GUDANG DIVISI ALAT BERAT (STUDI KASUS :PT. PINDAD (PERSERO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Tsaniya Nur Sukma_183010057_Teknik Industri.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Pindad (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak di industri manufaktur bidang keamanan dan pertahanan dengan memiliki beberapa produk salah satunya produk alat berat. Dimana, untuk membuat suatu produk tersebut terdapat beberapa Komponen yang harus dibeli oleh departemen supply chain. Komponen yang telah dipesan atau dibeli oleh depertemen supply chain akan disimpan di gudang divisi alat berat. Dalam gudang terntu hasus mempertimbangkan manajemennya mulai dari layout yang digunakan sehingga sistem yang dipakai agar aktivitas di gudang bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Penentuan manajemen gudang yang baik khususnya pada layout harus diperhatikan dari berbagai aspek seperti tempat penyimpanan, blok penyimpanan, Komponen yang datang dan Komponen yang keluar sehingga ongkos Komponen handling yang keluar bisa digunakan seoptimal mungkin. Maka dari itu dilakukanlah suatu evaluasi terhadap ongkos Komponen handling gudang awal sehingga bisa didapatkan usulan untuk perbaikan gudang agar ongkos Komponen handling bisa lebih sedikit yaitu dengan metode class-based storage dalam letak penyimpanannya. Komponen akan dibagi menjadi 3 kategori yaitu fast,medium dan slow moving sehingga pada perancangan layout usulan Komponen yang termasuk kedalam kategori fast moving dibsa diletakan dekat dengan pintu masuk dan keluar dengan demikian ongkos Komponen handling yang didapat pada layout usulan menghasilkan ongkos yang lebih minim. Sistem yang digunakan di gudang tentu berpengaruh dalam aktifitas gudang maka dari itu, peneliti mengusulkan pembuatan QR code dalam input sistem datanya agar Komponen yang masuk dan keluar dari gudang bisa dilakukan berdasarkan perkembangan teknologi dengan memuat informasi yang lebih banyak dan tentunya bisa lebih efisien dan efektif dalam pencatatan administrasi Komponen masuk dan keluar gudang. Kata Kunci : layout gudang, class-based storage, QR Code

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 May 2022 07:18
Last Modified: 11 May 2022 07:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57206

Actions (login required)

View Item View Item