ANALISIS SIKAP KERJA PADA WORKSTATION VEHICLE LIGHT DUTY TRUCK PRODUCTION DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA DENGAN METODE ERGONOMIC ASSESSMENT SURVEY (EASY) (STUDI KASUS : PT. HINO MOTORS MANUFACTURING INDONESIA)

GITAPUTRI, FETTA SAFFANAH (2022) ANALISIS SIKAP KERJA PADA WORKSTATION VEHICLE LIGHT DUTY TRUCK PRODUCTION DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA DENGAN METODE ERGONOMIC ASSESSMENT SURVEY (EASY) (STUDI KASUS : PT. HINO MOTORS MANUFACTURING INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fetta Saffanah Gitaputri_183010076_Teknik Industri.pdf

Download (447kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Manusia berperan penting bagi perusahaan karena bertugas sebagai tenaga kerja yang memberikan keuntungan kepada perusahaan. Tentunya, untuk memberikan keuntungan tenaga kerja perlu merasa nyaman, aman, sehat, efisien, dan efektif dalam bekerja sehingga mereka dapat menjadi lebih produktif. PT. HMMI belum menerapkan postur kerja dengan benar sehingga terdapat beberapa tenaga kerja yang mengeluhkan rasa nyeri di tubuh dan mengakibatkan proses produksi terhambat. Untuk memecahkan masalah pada penelitian ini, maka diperlukan metode Ergonomic Assessment Survey (EASY) untuk menganalisis postur kerja dengan menilai tingkat risiko ergonomi. Penilaian tingkat risiko ergonomi ini menggunakan tiga jenis survey, yaitu BRIEF Survey dengan didasari oleh pengamatan postur kerja, Employee Survey didasari dengan keluhan pekerja, dan Medical Survey sebagai buktinya. Hasil dari penelitian ini adalah skor EASY paling tinggi sebesar 4 dengan tingkat risiko sedang dibagian bahu, leher, dan punggung. Postur operator yang membungkuk lebih dari 20 derajat menjadi hal utama untuk diperbaiki karena yang mempengaruhi pada penyakit musculoskeletal. Untuk meningkatkan produktivitas yaitu mengurangi rasa sakit yang diderita operator dengan mengubah sudut kemiringan pada postur tubuh punggung menjadi ideal yaitu 20 derajat. Sehingga ekspektasi waktu proses akan lebih cepat, jika diasumsikan berkurang 5% dan 15% dari waktu actual, sementara jika tidak diperbaiki diasumsikan 20% mengalami keterlambatan waktu proses karena operator mulai merasa lelah dan menurunkan Human Reliability serta produktivitas kerja. Kata Kunci: Metode EASY, BRIEF Survey, Postur Kerja, Musculoskeletal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 May 2022 07:07
Last Modified: 11 May 2022 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57205

Actions (login required)

View Item View Item