ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN LABA KOTOR PADA CV. KREASI NUSA WARNA (Studi Kasus Dengan Menggunakan Metode Full Costing)

Refaldi Aminullah, 162040025 (2022) ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN LABA KOTOR PADA CV. KREASI NUSA WARNA (Studi Kasus Dengan Menggunakan Metode Full Costing). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
5. BAB 2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. KATA PENGANTAR.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. PERNYATAAN MOTTO.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

CV. Kreasi Nusa Warna adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil manufaktur dengan sebuah brand bernama Goods Project. CV. Kreasi Nusa Warna merupakan salah satu konfeksi yang berfokus memproduksi produk pakaian seperti t-shirt, sweater, dan workshirt yang menggunakan bahan dasar kain sejak tahun 2014. Pada saat melakukan penelitian ini, peneliti menemukan sebuah masalah yaitu metode penentuan harga pokok produksi yang digunakan masih belum akurat sehingga memengaruhi laba kotor. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui analisis harga pokok produksi t-shirt dalam menentukan laba kotor tanpa menggunakan dan menggunakan metode full costing pada industri konfeksi di CV. Kreasi Nusa Warna serta faktor – faktor apa saja yang memengaruhi harga pokok produksi t￾shirt pada industri konfeksi di CV. Kreasi Nusa Warna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan yaitu observation (non participant) dan wawancara terstruktur, sedangkan teknik pengumpulan data sekunder yang digunakan yaitu studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan penentuan harga pokok produksi yaitu metode full costing. Perusahaan dalam menentukan harga pokok produksi tiga periode, yaitu bulan Agustus, September, dan Oktober 2020 masih menggunakan perhitungan yang belum akurat dalam kata lain masih menggunakan metode yang sederhana. Terdapat perbedaan pada perhitungan sebelum dan setelah menggunakan metode full costing, hasil harga pokok produksi yang didapatkan setelah menggunakan metode full costing lebih besar Rp 3.876.563 dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode full costing, sedangkan laba kotor yang diterima perusahaan lebih kecil Rp 3.876.563 dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode full costing. Faktor – faktor yang memengaruhi harga pokok produksi t-shirt pada industri konfeksi di CV. Kreasi Nusa Warna terdiri dari penentuan harga pokok produksi, kelebihan dalam pembelian, dolar, pesaing, kuantitas dan design produksi, peraturan pemerintah tentang pandemi, dan minat masyarakat. Saran untuk perusahaan sebaiknya jika pada saat menentukan harga pokok produksi perusahaan melakukan perincian seluruh biaya yang termasuk ke dalam unsur – unsur biaya khususnya biaya overhead pabrik. Aktivitas penentuan harga pokok produksi sebaiknya menggunakan sebuah metode, seperti metode full costing yang peneliti gunakan saat menganalisis penelitian ini karena hasil yang didapatkan akan lebih akurat. Untuk mengatasi faktor eksternal yang memengaruhi harga pokok produksi seperti penguatan nilai tukar dolar dan kuantitas & design produksi, peneliti menyarankan agar perusahaan melakukan antisipasi dengan cara mengadakan persediaan bahan – bahan yang dipengaruhi oleh faktor – faktor tersebut. Kata Kunci: Harga Pokok Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 11 May 2022 06:25
Last Modified: 11 May 2022 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57200

Actions (login required)

View Item View Item