PENGATURAN pH DAN PENGGUNAAN GEL KITOSAN SEBAGAI PENJERNIH NIRA DALAM PEMBUATAN GULA CAIR BATANG SORGUM (Sorghum bicolor L. Moench)

Asrie Dwi Lestari, NPM. 188050006 (2022) PENGATURAN pH DAN PENGGUNAAN GEL KITOSAN SEBAGAI PENJERNIH NIRA DALAM PEMBUATAN GULA CAIR BATANG SORGUM (Sorghum bicolor L. Moench). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Asrie Dwi Lestari.docx

Download (0B)
[img] Text
Abstrak Tesis Asrie Dwi Lestari.docx

Download (51kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaturan pH dan penggunaan gel kitosan dalam menjernihkan nira pada pembuatan gula cair, dan mengetahui pengaruhnya terhadap karakteristik gula cair serta menentukan umur simpannya. Penelitian terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama yaitu analaisis bahan baku nira. Tahap kedua yaitu pembuatan gula cair dan menganalisis kadar gula, kadar air, kadar abu, pH, TSS, viskositas, organoleptik dan penentuan satu sampel terpilih menggunakan uji skoring. Tahap ketiga yaitu menduga umur simpan gula cair terpilih dari uji skoring dengan penyimpanan pada suhu 5oC, 25oC, dan 35oC dengan pengujian Total Asam Tertitrasi dan Viskositas setiap 4 hari selama 20 hari menggunakan metode ASLT model Arrhenius. Konsentrasi Gel Kitosan dan pengaturan pH nira berpengaruh terhadap rasa, warna, kadar gula, kadar abu, pH, dan TSS. Tidak ada interaksi antara penggunaan gel kitosan dengan pH nira. Umur simpan dari gula cair batang sorgum pada suhu 5oC adalah 9 hari, pada suhu 25oC adalah 8 hari, dan pada suhu 35oC adalah 7 hari. Kata kunci: gula cair, batang sorgum, gel kitosan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknologi Pangan 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 10 May 2022 08:02
Last Modified: 10 May 2022 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57177

Actions (login required)

View Item View Item