ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOPAY DI YOUTUBE (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Iklan Gopay Di Youtube)

Muhamad Padil Ihwani, 172050284 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOPAY DI YOUTUBE (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Iklan Gopay Di Youtube). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN GOPAY DI YOUTUBE. Iklan merupakan hasil karya yang sangat luar biasa, unik, dan menarik banyak khalayak, karena menuangkan kreatifitas gagasan dalam bentuk video, dan disajikan sebagai hiburan yang layak dinikmat oleh masyarakat diberbagai kalangan. Maka dari itu peneliti memilih iklan sebagai subjek objek penelitian. Penelitina ini bertujuan mengetahui penanda, petanda dan makna gaya hidup modern pada iklan “Gopay Di Youtube” sehingga dapat diketahui pemaknaan gaya hidup modern yang terkandung pada iklan ini. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika dari Ferdinand De Saussure. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi keputsakaan, dan wawancara mendalam. Teknik analisis penelitian kualitatif ini dilakukan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pada iklan “Gopay Di Youtube” memiliki dua puluh enam scenes yang mengandung pemaknaan gaya hidup modern yang terkandung di iklan “Gopay Di Youtube” yang dimana menunjukan betapa mudahnya melakukan segala transaksi melalui dompet digital, apalagi realitas yang ada pada zaman sekarang kita dipaksa mengikuti kemajuan teknolologi digital. Gojek karya anak bangsa yang mampu memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi dengan sekali tap. Transaksi jadi lebih efektif dan efisien apalagi di masa pandemic covid-19. Kata Kunci: Analisis Semiotika, Iklan, Gopay, Youtube

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 May 2022 07:42
Last Modified: 10 May 2022 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57172

Actions (login required)

View Item View Item