PEMBELAJARAN DARING DI KALANGAN MAHASISWA DIMASA PANDEMI COVID-19

NOVAN FAJAR SATRIANA, 172050066 (2022) PEMBELAJARAN DARING DI KALANGAN MAHASISWA DIMASA PANDEMI COVID-19. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Cover Skripsi.docx

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
Kata Pengantar.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.docx

Download (271kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Fenomenologi Pembelajaran Daring Di Kalangan Mahasiwa (Studi Fenomenologi Pembelajaran Daring Di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Pasundan). Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah sebagai informasi dalam suatu fenomena. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Fenomena Pembelejaran Daring Di Kalangan Mahasiswa Fisp Universitas Pasundan. Yang dimana bertujuan untuk memahami tindakan, dan makna dari para mahasiswa fisip unpas mengenai pembelajaran daring ini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan didasari oleh Teori Fenomenologi dari Alfred Schutz yaitu menggambarkan atau mengungkapkan dalam suatu fenomena. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi kepustakaan, wawancara secara mendalam. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Fenomena Pembelajaran Daring Di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Pasundan ini, maka diperoleh hasil bahwa informan nantinya akan memperoleh gambaran pikiran, tindakan serta hasil yang akan diperoleh oleh informan. Secara hasil motif yang diperoleh sebagian informan dalam ini adalah bahwa dalam pembelajaran daring yang tengah berlangsung pada saat ini terkesan terpaksa diawal namun harus tetap dijalankan demi menciptakan sebuah dorongan berupa semangat dan menilai tentang pembelajaran daring ini sama saja seperti belajar pada saat berada dikelas, hanya saja dalam pelaksanaanya yang menggunakan jaringan internet pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengenai ilmu dan pengetahuan akan sama pada saat berada dikelas. Tindakan yang diperoleh informan pun banyak untuk dilakukan salah satunya adalah tentang menyikapi tentang adanya pembelajaran daring ini sebagai pengganti belajar secara tatap muka dengan pengajar. Saran peneliti yang ingin disampaikan adalah sebaiknya para mahasiswa dan dosen menjadikan pembelajaran daring ini sebagai sarana berekspresi secara bebas, dalam artian bahwa mahasiswa dapat mengasah diri para mahasiswa dalam menangkap sebuah pembelajaran yang diberikan oleh pengajar telah dilalui sebelumnya sebagai pembelajaran dimasa mendatang. Disitu akan menjadi sebuah nilai lebih bagi informan untuk lebih menghargai apa yang didapat oleh dirinya dan menjadikan hal tersebut sebagai semangat dalam melaksanakan pembelajaran walaupun hanya melalui jaringan internet dan tidak dapat bertatap muka secara langusng dengan pengajar dan dalam pelaksanaanya perlu diketahui baik dari pihak dosen maupun mahasiswa harus bisa lebih mengembangkan kreatifitasnya dalam membangun komunikasi maupun pada saat dilakukannya pembelajaran, dengan demikian pembelajaran yang dilakukan akan terasa lebih menarik walaupun tidak bisa bertatap muka. Kata kunci : Fenomenologi, Pembelajaran Daring, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 May 2022 03:33
Last Modified: 10 May 2022 03:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57164

Actions (login required)

View Item View Item