OPTIMASI RUTE KENDARAAN ANGKUT SAMPAH DI KOTA BANDUNG BARAT MENGGUNAKAN METODE DIRECTED RURAL POSTMAN PROBLEM DENGAN ALGORITMA DIKJSTRA (STUDI KASUS : WILAYAH BANDUNG BARAT)

AGUSTIN, PUTRI (2022) OPTIMASI RUTE KENDARAAN ANGKUT SAMPAH DI KOTA BANDUNG BARAT MENGGUNAKAN METODE DIRECTED RURAL POSTMAN PROBLEM DENGAN ALGORITMA DIKJSTRA (STUDI KASUS : WILAYAH BANDUNG BARAT). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Putri Agustin_183010049_Teknik Industri.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan logistik kota yang masih menjadi perhatian. Bandung merupakan salah satu kota besar, yang dimana terbagi menjadi beberapa wilayah yaitu Bandung Barat, Bandung Timur, Bandung Selatan, dan Bandung Utara. Disetiap kotanya pasti menghasilkan sampah yang cukup banyak perharinya. Pada penelitian sebelumnya disebutkan bahwa Kota Bandung menghasilkan sampah hingga 1.300 ton perhari dan sedikitnya 130 ton sampah tidak terangkut (sumber:DLHK Kota Bandung). Ini menjadi permasalahan bagi pemerintah untuk mengatasinya. Adapun beberapa langkah untuk mengantisipasi agar pengangkutan sampah bisa dilakukan secara optimal dengan menentukan rute pengangkutan sampah yang efisien dan efektif. Rute pengangkutan sampah yang efisien dan efektif bisa dilakukan dengan menentukan rute pengangkutan minimum. Sebelumnya telah dilakukan penelitian mengenai permasalahan ini. Untuk penelitian kali menggunakan metode yang berbeda dari penelitian sebelumnya yaitu menggunakan Directed Rural Postman Problem dengan Algoritma Dijkstra. Metode ini dilakukan dengan menentukan jarak terdekat dari Tempat Pembuangan Sampah satu ke yang lainnya. Objek penelitian yang akan diteliti sama seperti penelitian sebelumnya yaitu wilayah Bandung Barat. Dari hasil penelitian terbentuk 34 simpul dengan total jarak yang akan ditempuh oleh truk pengangkut sampah yaitu sebesar 45,15 km. Hal ini dapat dibandingkan dengan penelitian sebelumnya bahwa penelitian kali ini dengan metode Directed Rural Postman Problem bisa mendapatkan rute yang lebih minimum dibandingkan dengan metode Chinese Postman Problem. Kata Kunci : Sampah, Rute, Minimum, Algoritma Dikjstra, Perbandingan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 May 2022 05:51
Last Modified: 09 May 2022 05:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57108

Actions (login required)

View Item View Item