PERANCANGAN INOVASI DESAIN KEMASAN PRODUK PADA PRODUK SUSU FRESHTIME DENGAN METODE TECHNOLOGY FORECASTING (STUDI KASUS : KPSBU LEMBANG)

DEWI, WAUCHI SANRA (2022) PERANCANGAN INOVASI DESAIN KEMASAN PRODUK PADA PRODUK SUSU FRESHTIME DENGAN METODE TECHNOLOGY FORECASTING (STUDI KASUS : KPSBU LEMBANG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Wauchi Sanra Dewi_183010070_Teknik Industri.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Inovasi merupakan faktor penentu dalam persaingan industri dan merupakan senjata yang tangguh menghadapi persaingan. Inovasi tidak dapat dihindari oleh perusahaan, jika ingin mencari kesuksesan dalam bisnisnya. Kesuksesan suatu perusahaan sangat bergantung kepada kemampuan perusahaan tersebut dalam mendapatkan, menggunakan pengetahuan, dan mengaplikasikannya menjadi sebuah produk baru karena Inovasi merupakan kegiatan inti untuk pengembangan dan produktifitas dari segala kegiatan ekonomi. Begitupun untuk KPSBU Lembang yang perlu melakukan inovasi untuk kemasan salah satu produknya yaitu kemasan produk susu freshtime, karena jika dilihat KPSBU Lembang ini belum melakukan inovasi dari aspek kemasan produk. Inovasi dilakukan supaya KPSBU Lembang dapat bertahan di tengah arus perkembangan zaman. Maka dari itu inovasi yang dilakukan dalam penelitian ini dibantu dengan menggunakan metode forecasting technology. Metode Technology Forecasting yang dilakukan ialah metode Technology Forecasting secara kualitatif dengan membuat Technology Roadmap untuk melihat trend teknologi yang memberikan informasi mengenai potensi pengembangan yang dapat dilakukan, dilanjutkan dengan membuat Morphology Chart mengenai fungsi, sub-fungsi, material, serta mengenai model atau desain dari kemasan tersebut yang mana Morphology Chart ini berfungsi untuk menghasilkan laternatif-alternatif desain, serta menggambarkan hasil dari dilakukannya forecasting. Selanjutnya melakukan perancangan akhir produk inovasi dari alternatif terpilih pada morphology chart untuk kemasan produk susu freshtime.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 May 2022 05:40
Last Modified: 09 May 2022 05:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57106

Actions (login required)

View Item View Item