PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT E-LEARNING FLIP BUILDER BERORIENTASI KEPADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMK BPP BANDUNG

Yayang Alfian Juwanto, NPM : 198060019 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT E-LEARNING FLIP BUILDER BERORIENTASI KEPADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMK BPP BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
artikel jurnal yayang alfian.docx

Download (190kB)

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki untuk menghadapi abad 21 ini adalah berpikir kritis. Masa pandemi saat ini self confidence siswa mulai menurun dalam pembelajaran matematika karena pembelajaran dilakukan jarak jauh. Mengadapi hal tersebut dibutuhkan bahan ajar yang berorientasi pada kemampuan berpikir matematis dan self confdence siswa. Penelitian ini bertujuan untuk; Menghasilkan bahan ajar persamaan dan fungsi kuadrat e-learning flip builder; Menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan bahan ajar persamaan dan fungsi kuadrat e-learning flip builder; Menganalisis self convidence setelah menggunakan bahan ajar ajar persamaan dan fungsi kuadrat e-learning flip builder; Menganalisis korelsi antara berpikir kritis matematis dengan self convidence siswa yang menggunakan bahan ajar ajar persamaan dan fungsi kuadrat e-learning flip builder. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang melibatkan 23 siswa kelas XI SMK BPP Bandung dengan mengadaptasi model 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon siswa, wawancara, untuk bahan ajar e-learning flip builder. Instrumen tes digunakan untuk kemampuan berpikir kritis matematis. Instrumen angket untuk mengukur self confidence siswa. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa: Bahan ajar persamaan dan fungsi kuadrat e-learning flip builder termasuk kedalam kategori sangat layak dari penilaian validasi ahli dan respon siswa; Efektivitas bahan ajar persamaan dan fungsi kuadrat e-learning flip builder untuk kemampuan berpikir kritis matematis termasuk dalam kriteria besar dan tingkat berpikir kritis matematis siswa berada pada kriteria kritis; Sebagian besar siswa memiliki self confidence setelah menggunakan bahan ajar persamaan dan fungsi kuadrat e-learning flip builder, Terdapat korelasi posistif yang sangat kuat antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan self confidence siswa. Kata Kunci: e-learning; flip builder; berpikir kritis matematis; self confidence.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 27 Apr 2022 08:57
Last Modified: 27 Apr 2022 08:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57082

Actions (login required)

View Item View Item