PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI STATISTIKA BERBASIS E-LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF- REGULATED SISWA SMK

NIKI LESTARI, NPM : 198060014 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI STATISTIKA BERBASIS E-LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF- REGULATED SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Journal tesis Niki Lestari.docx

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi statistika berbasis e-learning berbantuan edmodo dan bagaimana dampaknya terhadap kemampuan literasi matematis dan self-regulated siswa. Metode yang digunakan adalah model pengembangan Dick & Carey yang terdiri dari 10 langkah yaitu: 1) Identify Instructional Goals, 2) Conduct Intructional Analysis, 3) Identify Entry Behaviours, 4) Write Performance Objectives, 5) Develop Criterion Referenced Test, 6) Develop Instructional Strategy, 7) Develop and Select Instructional Materials, 8) Design and Conduct Formtive Evaluation of Instructional, 9) Revice Instruction, 10) Design and Conduct Summative Evaluation. Desain penelitiannya the one grup pretest-posstest dengan populasi 5 kelas XII Tata Boga dengan sampel kelas XII Tata Boga 1. Hasil validitas bahan ajar oleh ahli materi 90,78% dengan kategori sangat valid, validitas ahli media 88,52% dengan kategori sangat valid dan angket respon siswa 76,47% dengan kategori cukup valid. Menerapkan bahan ajar materi statistika berbasis e-learning berbantuan edmodo rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 74,30. Angket self-regulated siswa menunjukkan hasil 2,90 artinya siswa menunjukkan sikap positif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa desain bahan ajar materi statistika berbasis e-learning berbantuan edmodo dikatakan layak dan dapat digunakan, hasil dari penerapan bahan ajar tersebut terhadap kemampuan literasi matematis adalah cukup baik dan self-regulated siswa pun positif. Hasil koefisien korelasi kurang dari dengan korelasi 0,789 sehingga terdapat korelasi antara kemampuan literasi matematis dan self-regulated siswa dengan kategori korelasi kuat. Kata Kunci: E-Learning, Edmodo, kemempuan Literasi Matematis, Self-Regulted

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 27 Apr 2022 06:50
Last Modified: 27 Apr 2022 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57078

Actions (login required)

View Item View Item