PENGARUH PERUBAHAN ARUS KAS OPERASI, INVESTASI, DAN PENDANAAN TERHADAP LIKUIDITAS RUMAH SAKIT PADA MASA PANDEMI COVID-19 THE EFFECT OF CHANGES IN OPERATIONAL CASH FLOWS, INVESTMENTS, AND FUNDS ON HOSPITAL LIQUIDITY DURING THE COVID-19 PANDEMIC

Arini Zweitsina, NPM. 198020041 (2022) PENGARUH PERUBAHAN ARUS KAS OPERASI, INVESTASI, DAN PENDANAAN TERHADAP LIKUIDITAS RUMAH SAKIT PADA MASA PANDEMI COVID-19 THE EFFECT OF CHANGES IN OPERATIONAL CASH FLOWS, INVESTMENTS, AND FUNDS ON HOSPITAL LIQUIDITY DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Arini Zweitsina_MM - Copy.docx

Download (30kB)

Abstract

Suatu perusahaan dikatakan likuid apabila perusahaan tersebut mampu memenuhi kewajiban jangka pendeknya sesuai dengan waktu yang telah jatuh tempo. Likuiditas sangat diperlukan oleh perusahaan sebagai jaminan pemenuhan kewajiban jangka pendeknya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perubahan Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, dan Arus Kas Pendanaan terhadap Likuiditas rumah sakit pada masa pandemi Covid-19. Objek dalam penelitian ini adalah rumah sakit swasta yang termasuk di dalam Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda dengan melakukan uji asumsi klasik dengan bantuan SPSS versi 16. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu data laporan keuangan 6 rumah sakit swasta yang diakses melalui www.idx.co.id pada periode triwulan I tahun 2019 sampai dengan triwulan II tahun 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, dan Arus Kas Pendanaan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap rumah sakit pada masa pandemi Covid-19. Sedangkan hasil uji t, Arus Kas Operasi dan Arus Kas Pendanaan berpengaruh signifikan terhadap Likuiditas rumah sakit, namun Arus Kas Investasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap likuiditas.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Apr 2022 06:33
Last Modified: 27 Apr 2022 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57074

Actions (login required)

View Item View Item