PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 1 LEMBANG

ELOK FAIQOH, NPM : 208060019 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 1 LEMBANG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Artikel Tesis_Elok Faiqoh_208060019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar kontekstual yang berbasis mobile learning pada materi lingkaran, (2) menganalisis efektifitas bahan ajar kemampuan literasi matematika peserta didik, (3) menganalisis motivasi belajar peserta didik dalam penggunaan bahan ajar, dan (4) mengetahui seberapa besar korelasi antara kemampuan literasi matematika dengan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan Allesi & Trollip yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Bahan ajar kontekstual yang dihasilkan berupa video pembelajaran pada materi lingkaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, tes kemampuan literasi matematika, angket motivasi belajar dan wawancara. Efektifitas bahan ajar dianalisis menggunakan Effect Size, gambaran motivasi belajar dianalisis secara deskiptif, sedangkan hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan literasi matematika dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar kontekstual yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran, (2) penggunaan bahan ajar memiliki pengaruh kuat dalam peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik, (3) hampir seluruh peserta didik memiliki motivasi belajar setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, (4) Terdapat hubungan yang cukup antara kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar peserta didik. Kata kunci: bahan ajar, literasi matematika, mobile learning, model pengembangan Allesi & Trollip, motivasi belajar, video pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 27 Apr 2022 05:00
Last Modified: 27 Apr 2022 05:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57072

Actions (login required)

View Item View Item