PENGARUH ASIAN GAMES 2018 DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN ASING KE INDONESIA

Diki Wahyudi, 172030131 (2022) PENGARUH ASIAN GAMES 2018 DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN ASING KE INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (111kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (161kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

Asian games merupakan ajang kompetisi olahraga yang diadakan setiap empat tahun sekali dengan melibatkan Negara asia yang terdaftar dalam Olympic council of Asia (OCA). Dengan kontribusi Indonesia menjadi tuan rumah dalam Asian Games 2018 juga merupakan suatu pembuktian bahwa Indonesia dapat bersaing di Asian Gmaes 2018. Dengan tujuan mengetahui bagaimana pengaruh adanya Asian Games ke-18 dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Penelitian ini juga menjelaskan implikasi yang didapat oleh Indonesia ketika menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dalam penelitian ini penulis memiliki beberapa landasan berpikir untuk menjawab pertanyaan penelitian yang penulis ajukan. Jenis metode yang digunakan adalah Metode penelitian kualitatif dimana metode yang digunakan lebih menekankan pada aspek pemahaman lebih mendalam terhadap suatu masalah dari pada melihat sebuah permasalahan dan teknik pengumpulan data primer dan sekunder melalui kajian pustaka. Pernyataan dalam berita di media sosial. Penulis akan melihat pengaruh dari Indonesia pada saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan melakukan beberapa aspek yaitu, aspek Organisasi, aspek Prestasi, aspek kebudayaan. Nation Branding Dan aspek Pariwisata. Penelitian ini melibatkan berbagai aktor seperti, pemerintah, organisasi non-profit, individu, dan media sosial. Dan indikator yang kemudian dijadikan sebagai tolak ukur yaitu Tourist Arrival. Dengan demikian, pengaruh penyelenggaan Asian Games 2018 dalam meningkatkan kunjungan wisatawan asing ini menyimpulkan bahwa walaupun kegiatan Asian games 2018 berjalan dengan sukses dan berhasil dilihat dari peningkatan citra Indonesia melalui respon positif terhadap penyelenggaraan, tetapi belum mampu memberikan dampak yang luar biasa terhadap Tourist Arrival ke Indonesia. Target yang di harapkan Kementrian Pariwisata dan pemerintah belum mampu tercapai. Kata Kunci: Diplomasi Publik, Pariwisata, Asian Games, Nation Branding

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:03
Last Modified: 26 Apr 2022 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57041

Actions (login required)

View Item View Item