Nadya Faradiba, 172050452 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN DANA DOMPET DIGITAL INDONESIA VERSI MUSIM UNTUK BERUBAH. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Download (780kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
12. Daftar Lampiran.pdf Download (870kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN DANA DOMPET DIGITAL INDONESIA VERSI MUSIM UNTUK BERUBAH.” Penelitian ini menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure, yang dimana teori ini dibagi menjadi dua bagian yaitu penanda dan petanda. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana maknan penanda dan petanda serta interaksi simbolik di dalam iklan Dana versi “Musim Untuk Berubah.” Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan desktiptif. Hasil dari penelitian ini yaitu penanda yang didapatkan oleh peneliti dalam iklan dana musim untuk berubah ini adalah scene scene yang ada di dalam iklan ini menggambarkan perilaku masyarakat pada saat melakukan berbagai macam perubahan di dalam kehidupannya. Selanjutnya petanda yang didapatkan oleh peneliti dari hasil analisis dan hasil wawancara dengan informan yaitu disetiap scene dalam iklan ini memiliki permasalahan permasalahan yang berbeda yang dimana permasalahan tersebut sering terjadi di dalam kehidupan. Dengan melakukan sebuah perubahan kecil, kehidupan seseorang dapat berubah menjadi lebih baik. Dan yang terakhir Interaksi Simbolik yang terjadi didalam iklan Dana “Musim Untuk Berubah” ini sesuai dengan perilaku masyarakat di kehidupan nyata. Pesan yang ingin disampaikan oleh iklan ini dapat tersampaikan dengan baik melalui pop-up fitur-fitur Dana dan perilaku visual di dalam iklan. Saran dari peneliti bagi industri kreatif untuk dapat membuat dan menayangkan iklan yang memiliki pesan-pesan yang bermakna dan mudah diterima oleh masyarakat luas. Kata Kunci : Semiotika, Iklan, Dana
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57021 |
Actions (login required)
View Item |