STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PASUNDAN 1 BANDUNG (Penelitian Studi Kasus di SMK Pasundan 1 Bandung).

RONI SONJAYA, NPM : 198020006 (2022) STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PASUNDAN 1 BANDUNG (Penelitian Studi Kasus di SMK Pasundan 1 Bandung). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel (RONI SONJAYA) NPM 198020006.doc

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi implementasi pendidikan karakter di SMK Pasundan 1 Bandung dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Pasundan 1 Bandung. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, dan guru sebagai informan kunci. Objek penelitian ini adalah siswa dalam mengimplementasi pendidikan karakter. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendidikan karakter di SMK Pasundan 1 Bandung ini memiliki manajemen mulai dari kegiatan awal masuk peserta didik tersebut melakukan penyaringan terlebih dahulu sebelum masuk ke tahap tes. Penyaringan ini dilalukan untuk memilah peserta didik yang berprestasi dan yang tidak. (2) kinerja guru serta seluruh stakeholder yang ada di SMK Pasundan 1 Bandung mayoritas sudah efektif, ada yang masih baik dan ada yang masih cukup baik, bisa dilihat dari supervisi, pemantauan, dan kehadiran, (3) hambatan dalam implementasi pendidikan karakter pertama setiap siswa berbeda karakter yang dimiliki anak itu menjadi salah satu kendala ada yang satu kali dinasehati dan ada yang lebih, kedua mengenai KBM sekolah merasa secara sarana prasarana mencukupi, hanya saja pendayagunaan saja yang kurang, ketiga karena waktu yang singkat dalam proses pembelajaran, jadi kita harus lebih pintar-pintar menggunakan waktu yang tersedia (4) strategi implementasi pendidikan karakter dilihat dari aspek kognitif yaitu dibelakukannya sistem dua kali penilaian dalam satu semester, dari aspek afektif yaitu seluruh stakeholder yang ada di SMK Pasundan 1 Bandung memberikan teladan, teguran, membudayakan sopan santun, ramah tamah sesuai dengan visi misi sekolah dan paguyuban yaitu nyantri, nyunda dan nyantika, dari aspek psikomotor yaitu dengan kegiatan siswa sehari-hari maupun kegiatan yang sudah terprogram seperti kegiatan pembelajaran formal dan kegiatan ekstrakurikuler, kemudian dalam mengembangkan bakat yaitu adanya kebebasan mencari lomba di luar kelas. Berdasarkan beberapa aspek tersebut siswa muncul lima karakter utama diantaranya religious, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Kinerja, Strategi dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 23 Apr 2022 07:58
Last Modified: 23 Apr 2022 07:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56960

Actions (login required)

View Item View Item