ANALISIS PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DALAM MASA PANDEMI DI KABUPATEN CIAMIS (STUDI KASUS PADA IKM MAKANAN DI KABUPATEN CIAMIS)

R. Gamar Pratama Kusuma N, NPM : 198030013 (2022) ANALISIS PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DALAM MASA PANDEMI DI KABUPATEN CIAMIS (STUDI KASUS PADA IKM MAKANAN DI KABUPATEN CIAMIS). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
JURNAL TESIS-MTI-R. Gamar Pratama Kusuma N.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Penurunan asset dan omzet IKM di Kabupaten Ciamis pada tahun 2020 disebabkan kurangnya kepekaan terhadap kondisi pandemi Covid-19, sehingga sulit untuk beradaptasi dengan tuntutan perubahan pada situasi tersebut. Tujuan penelitian untuk menentukan pengaruh kompetensi SDM, dan penguasaan teknologi terhadap kinerja serta dampaknya terhadap daya saing IKM makanan, serta memperbaiki manajemen mutu guna meningkatkan daya saing IKM makanan dalam masa pandemi di Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah survai eksplanatori. Penentuan sampel digunakan teknik random sampling serta analisis data menggunakan analisis jalur melalui SmartPLS serta PDCA. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi SDM memiliki pengaruh sebesar 30.70% terhadap kinerja, penguasaan teknologi memiliki pengaruh sebesar 43.09% terhadap kinerja, dan pengaruh kinerja terhadap daya saing adalah sebesar 70.50%. Adapun besarnya persentase penguasaan teknologi dapat dijelaskan oleh kompetensi SDM adalah sebesar 69.0%, sedangkan kinerja dapat dijelaskan oleh kompetensi SDM dan penguasaan teknologi sebesar 74.1%, dan besarnya daya saing IKM makanan di Kabupaten Ciamis dapat dijelaskan oleh kinerja sebesar 71.3%. Perencanaan dan pelaksanaan perbaikan mutu daya saing IKM di Kabupaten Ciamis dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pekerja baik secara individu maupun tim melalui diklat, bimbingan teknis, dan melalui pembelajaran langsung. Kata Kunci : Kompetensi SDM, Penguasaan Teknologi, Kinerja, dan Daya Saing

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:18
Last Modified: 21 Apr 2022 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56942

Actions (login required)

View Item View Item