PERSEPSI FOLLOWERS TENTANG CITRA PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Yanuar Nurul Fazri, 172050231 (2022) PERSEPSI FOLLOWERS TENTANG CITRA PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
1. Cover.docx

Download (45kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.docx

Download (23kB)
[img] Text
3. Abstrak.docx

Download (25kB)
[img] Text
4. BAB I.docx

Download (214kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (295kB)
[img] Text
11. Kata Pengantar.docx

Download (22kB)
[img] Text
12. DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
13. Daftar Tabel.docx

Download (15kB)
[img] Text
14. Daftar Gambar.docx

Download (17kB)
[img] Text
15. DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “PERSEPSI FOLLOWERS TENTANG CITRA PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM”. Instagram merupakan platform media sosial yang kini populer, menurut Global Web Index (2020) di Indonesia pengguna aplikasi Instagram menduduki peringkat ke-3 pengguna terbanyak sekitar 170 juta pengguna setelah Youtube dan Whatsapp. Fokus pada penelitian ini adalah bagaimana persepsi pengikut tentang citra Pemerintah Kabupaten Sumedang yang mengikuti akun media sosial Instagram @halosumedang_. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sensasi, atensi, dan interpretasi pengikut instagram @halosumedang_ tentang citra Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui akun media sosial instagram. Komunikasi tidak memiliki makna yang tunggal, namun dapat didefinisikan sebagai proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan sehingga terjadi timbal balik di antara keduanya. Menurut Mulyana (2016) inti dari komunikasi adalah persepsi. Dalam proses persepsi ada tiga aspek penting, yaitu : sensasi, atensi, dan interpretasi. Dalam meneliti citra pemerintah kiranya akan relevan jika memakai teori persepsi sosial. Mengingat dalam proses pembentukan citra, persepsi adalah salah satu unsur penting di dalamnya. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teori persepsi diri Daryl Bem. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, peneliti akan meraih data dengan cara wawacara dan observasi. Sehingga mendapatkan data dalam bentuk deskripsi kata-kata dan pendapat dari para informan yang diteliti. Subjek penelitiannya adalah persepsi yang mengikuti instagram @halosumedang_, dan yang menjadi objek penelitiannya adalah instagram @halosumedang_. Berdasarkan hasil penelitian, dengan adanya instagram @halosumedang_ ini dapat membantu Humas Pemerintahnya dalam membangun citra yang baik bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Karena yang mengikuti instagram @halosumedang_ itu dapat mengetahui kegiatan-kegiatan Pemerintahan, program-program yang telah atau akan direalisasikan oleh Pemerintah, dan juga pencapain lain yang sudah dilakukan oleh Pemerintah untuk kemajuan daerah Sumedang. Peneliti menyampaikan saran kepada Humas Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam pengelolaan akun instagram agar dapat lebih komunikatif dan interaktif dengan sesama pengguna instagram lainnya, dan juga semoga dapat mengeksplorasi hal-hal lebih lain yang menjadi keunikan atau keunggulan daerah, seperti budaya, wisata, kuliner, produk ekonomi kreatif dan lain-lain. Kata kunci : Persepsi, Citra, Instagram, Humas Pemerintahan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:50
Last Modified: 20 Apr 2022 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56918

Actions (login required)

View Item View Item