PENGEMBANGAN PROGRAM PELATIHAN MANAJEMEN QOLBU PENDIDIK TANGGUH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPTENSI MENGAJAR KREATIF GURU DI DTI TRAINING (Studi Pada Kerjasama antara DT Peduli dengan PT. Duta Transformasi Insani)

ANDIKA YUDHA SURYADI PUTRA, NPM. 198020033 (2022) PENGEMBANGAN PROGRAM PELATIHAN MANAJEMEN QOLBU PENDIDIK TANGGUH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPTENSI MENGAJAR KREATIF GURU DI DTI TRAINING (Studi Pada Kerjasama antara DT Peduli dengan PT. Duta Transformasi Insani). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Andika Yudha Suryadi Putra - Copy.docx

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengembangangkan program pelatihan manajemen qolbu pendidik tangguh yang diselenggarakan oleh DTI Training. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi pihak manajemen DTI Training dalam mengevaluasi dan mengembangan program pelatihan manajemen qolbu, khususnya pada program pelatihan pendidik tangguh dalam upaya meningkatan praktik pembiasan amalan harian dan meningkatkan komptensi mengajar kreatif guru. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, teknik observasi dan studi dokumentasi serta melakukan kajian pustaka terhadap sumber materi yang dianggap peneliti dapat memberikan data, memperdalam pemahaman dan memberi informasi yang diperlukan. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2021 dari pemilik program, penyelenggara program pelatihan, pengajar pelatihan dan peserta. Teknis analisis data melalui tiga alur yaitu: Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat penulis informasikan yaitu: (1) Pencapaian kompetensi mengajar kreatif guru dari hasil pelatihan Manajemen Qolbu Pendidik Tangguh sudah sesuai, di mana peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran kreatif berupa boardgame, akan tetapi harapan terhadap hasil pembuatan media pembelajaran kurang terpenuhi berdasarkan hasil akhir pengumpulan media pembelajaran kreatif, kurang dari setengah peserta yang membuatnya. Ketidaktercapaian telah terlihat dari kurang aktifnya peserta selama kegiatan pendampingan berlangsung. (2) Kendala dalam pelaksanaan program pelatihan dimulai dari sumber daya pelatihan (kurikulum dan materi), sumber daya manusia (peserta pelatihan), sarana prasarana, persiapan pelatihan, dan saat pelatihan terutama selama proses pendampingan. (3) Pengembangan program pelatihan berdasarkan dari evaluasi kegiatan yaitu perampingan indikator pencapaian, pengembangan materi, metode penyampaian materi, persiapan pelatihan, dan pada pelaksanaan kegiatan pelatihan. Diharapkan dengan adanya pengembangan program pelatihan Manajemen Qolbu Pendidik Tangguh ini dapat mencapai tujuan dari program pelatihan yaitu peningkatan praktik pembiasan amalan harian dan keterampilan mengajar kreatif guru. Kata Kunci : Pengembangan Program, Program Pelatihan Manajemen Qolbu Pendidik Tangguh, Komptensi Mengajar Kreatif Guru.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:50
Last Modified: 18 Apr 2022 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56855

Actions (login required)

View Item View Item