PENGARUH KONSENTRASI SUKROSA DAN KONSENTRASI KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN JELLY KAYU SECANG (Caesalpina sappan L.)

Nursilviani, 143020168 and Sumartini, DS and Neneng Suliasih, DS (2022) PENGARUH KONSENTRASI SUKROSA DAN KONSENTRASI KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN JELLY KAYU SECANG (Caesalpina sappan L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nursilviani_143020168_Teknologi Pangan.pdf

Download (328kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi sukrosa dan konsentrasi karagenan, serta interaksi konsentrasi sukrosa dan konsentrasi karagenan terhadap karakteristik minuman jelly kayu secang. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor dan ulangan sebanyak 3 kali. Adapun faktor yang digunakan adalah konsentrasi sukrosa (S) yang terdiri dari s1 = 12%, s2 = 14%, s3 = 16% dan konsentrasi karagenan (T) yang terdiri dari t1 = 0,2%, t2 = 0,4%, t3 = 0,6%. Respon yang dilakukan dalam penelitian ini adalah respon kimia meliputi kadar tanin. Respon fisik meliputi sineresis dan viskositas. Respon organoleptik terhadap atribut rasa, aroma, warna dan tekstur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi sukrosa berpengaruh nyata terhadap sineresis, viskositas, rasa, aroma, warna dan tekstur. Konsentrasi karagenan berpengaruh terhadap sineresis, viskositas, warna dan. Interaksi antara konsentrasi sukrosa dan konsentrasi karagenan berpengaruh terhadap sineresis, viskositas, warna dan tekstur minuman jelly kayu secang. Kata kunci : Sukrosa, Karagenan, Kayu Secang, Minuman jelly.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:22
Last Modified: 12 Apr 2022 07:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56707

Actions (login required)

View Item View Item