KONSEPTUALISASI DAN AKTUALISASI HUKUM YANG HIDUP DALAM MASYARAKAT PADA RANCANGAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA KAITANNYA DENGAN PEMBENTUKAN HUKUM NASIONAL

RIKA KURNIASARI A, NPM : 209030043 (2022) KONSEPTUALISASI DAN AKTUALISASI HUKUM YANG HIDUP DALAM MASYARAKAT PADA RANCANGAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA KAITANNYA DENGAN PEMBENTUKAN HUKUM NASIONAL. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Rika Kurniasari A.docx

Download (92kB)

Abstract

Hukum yang baik adalah hukum yang sesuai dengan hukum yang hidup dalam masyarakat (the living law) dan sesuai dengan pencerminan dari nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat tersebut. Dalam perkembangannya, peraturan pokok hukum pidana ke depan yang telah dirumuskan dalam RKUHP telah mengakomodir the living law sebagai bagian dari pada hukum positif sebagaimana tertuang dalam Pasal 2 ayat (1) RKUHP. Penelitian ini menganalisa mengenai konsepsi keberlakukan hukum yang hidup dalam masyarakat sebagaimana diatur dalam Pasal 2 Ayat (1) RKUHP dalam konteks pembentukan hukum nasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa dimuatnya asas legalitas materiil dalam RKUHP adalah keliru. Apabila rumusan asas legalitas materiil dalam Pasal 2 ayat (1) RKUHP ini tidak dihapus dan masih dipertahankan, maka sistem hukum Indonesia akan mengalami kemunduran. Oleh karena itu, keberlakukan hukum yang hidup dalam masyarakat (the living law) dalam sistem hukum nasional cukup hanya dijadikan sebagai dasar pembentukan hukum nasional. Kata Kunci: Pancasila, Living Law, Pembentukan Hukum.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Hukum 2014
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:15
Last Modified: 11 Apr 2022 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56662

Actions (login required)

View Item View Item