Analisis Proses Berpikir Kritis Peserta Didik Berdasarkan Teori van Hiele Melalui Model Discovery Learning

ETI SOFIYATI, NPM : 198060013 (2022) Analisis Proses Berpikir Kritis Peserta Didik Berdasarkan Teori van Hiele Melalui Model Discovery Learning. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Eti Sofiyati.docx

Download (300kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal segiempat berdasarkan teori van Hiele yang pembelajarannya menggunakan model discovery learning dan pembelajaran konvensional, menganalisis proses berpikir kritis peserta didik berdasarkan teori van Hiele yang melalui model discovery learning dan pembelajaran konvensional dalam menyelesaikan soal pada materi segiempat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method tipe squential explanatory. Sampel penelitian kuantitatif diambil secara random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas 7D sebanyak 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas 7C sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas kontrol. Kemudian untuk sampel penelitian kualitatif diambil secara purposive sampling dengan mengambil 4 subjek dari kelas 7D dan 3 subjek dari kelas 7C. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen Van Hiele Geometri Test (VHGT), soal tes berpikir kritis, lembar observasi dan wawancara. Analisis kuantitatif dilakukan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Analisis kualitataif dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal segiempat berdasarkan teori van Hiele yang pembelajarannya menggunakan model discovery learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional, analisis proses berpikir kritis peserta didik berdasarkan teori van Hiele yang melaui model discovery learning dalam menyelesaikan soal segiempat meliputi peserta didik dengan tingkat berpikir geometri pre 0, level 0, level 1 dan level 2 dengan ketercapaian proses berpikir kritis sebesar 42% sedangkan untuk pembelajaran konvensional meliputi peserta didik dengan tingkat berpikir geometri pre 0, level 0 dan level 1 dengan ketercapaian proses berpikir kritis sebesar 28%. Kata Kunci: Discovery Learning, Proses Berpikir Kritis, Teori van Hiele

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:03
Last Modified: 11 Apr 2022 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56659

Actions (login required)

View Item View Item