Farhan Firmansyah, 172050016 (2022) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SALURAN MEDIA PROMOSI WISATA DI KABUPATEN PURWAKARTA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Absktrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada fenomena berkembangnya media sosial sebagai media baru. Khususnya media sosial Instagram yang kehadirannya mampu memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam mencari suatu informasi dan lainnyadengan mudah dan cepat secara online. Instagram memiliki berbagai fungsi sebagai media eksplorasi, media informasi, bahkan media promosi. Dari fenomena ter-sebut ditetapkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan media sosial Instagram yang dilakukan oleh Admin @explorepurwakarta dalam mempro-mosikan objek wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta. Dalam penelitian ini teori yang relevan adalah teori Manajemen Media sosial dari Friedrichsen & Wolfgang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Informan penelitian ini adalah Admin akun Instagram @explorepurwakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dil-akukan dengan tiga cara yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisis data, menggunakan teknis analisi data model Miles dan Huber-man yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan data triangulaisi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat empat tahap pengelolaan media sosial menurut Friedrichsen & Wolfgang, 1.) Define The Value Proposition, pada tahap ini dilatar belakangi mengenai fenomena booming-nya Insta-gram sebagai media sosial. 2.) Segmentation, Targetting, Positioning, pada tahap ini @explorepurwakarta memetakan kelompok khalayak dari segi segmentasi, target, dan posisi. 3.) Operations and Delivery Process, langkah ini @explorepurwakarta melakukan proses pengelolaan dan penyebaran informasi yang akan dipublikasikan ke dalam gallery atau feed Instagram @explorepurwakarta. 4.) Measurement and Feedback, tahap terakhir ini @explorepurwakarta memanfaatkan User Generator Content (UGC) untuk melibatkan interaksi dengan khalayak atau follower guna mendapatkan feedback atau timbal balik. Kata Kunci: Promosi, Media Sosial, Instagram, Wisata
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 02:28 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 02:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56600 |
Actions (login required)
View Item |