PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

Ananda Ulvira Fathiha, 184020139 and Drs.R.Muchamad Noch,M.AK.,AK.,CA., Pembimbing (2022) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance pada perusahaan pertambangan subsektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Ln total assets (Ln), return on assets (ROA), debt to equity ratio (DER), dan net sales growth ration (NSGR). Sedangkan untuk variabel dependen dalam penelitian ini menggunakan cash effective tax rate (CETR). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan subsektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 berjumlah 25 perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan total sampel 20 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tax avoidance dengan kontribusi sebesar 8,7%. Profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap tax avoidance dengan kontribusi sebesar 2,1%. Leverage secara parsial tidak berpengaruh terhadap tax avoidance dengan kontribusi sebesar 3,2%. Pertumbuhan penjualan secara parsial juga tidak berpengaruh terhadap tax avoidance dengan kontribusi sebesar 1,3%. Secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap tax avoidance dengan kontribusi sebesar 13,7% pada perusahaan pertambangan subsektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Tax Avoidance.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 29 Mar 2022 04:30
Last Modified: 29 Mar 2022 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56564

Actions (login required)

View Item View Item