ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (STUDI KASUS DI RS AL ISLAM BANDUNG)

Mohammad Iqbal, NPM : 208020226 (2022) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (STUDI KASUS DI RS AL ISLAM BANDUNG). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Naskah Artikel Jurnal Mohammad Iqbal - Copy.docx

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan RS Al Islam Bandung sebelum dan sesudah implementasi Jaminan Kesehatan Nasional, perbedaan diantara keduanya dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap RS Al Islam khususnya dan rumah sakit swasta lain umumnya dalam upaya melakukan kendali biaya selama bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan dari Laporan Keuangan RS Al Islam Bandung yang telah diaudit oleh akuntan public sejak tahun 2007 hingga tahun 2020. Teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa kinerja keuangan RS Al Islam Bandung mengalami penurunan dalam Rasio Imbalan Investasi, Rasio Kas, Perputaran Persediaan, Periode Perputaran Piutang dan Perputaran Total Aset dengan perbedaan yang signifikan. Penurunan rasio-rasio keuangan ini juga menyebabkan penurunan tingkat kesehatan keuangan rumah sakit berdasarkan pedoman Kementrian Kesehatan RI dari AAA menjadi AA setelah Implementasi Jaminan Kesehatan. Beberapa faktor yang teridentifikasi mempengaruhi adalah perubahan jumlah pasien, perubahan periode pelunasan piutang, tidak adanya penyesuaian tarif secara periodik serta efisiensi dan efektifitas pengelolaan beban rumah sakit. Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Rumah Sakit, Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Mar 2022 08:20
Last Modified: 28 Mar 2022 08:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56537

Actions (login required)

View Item View Item