PERAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN (TKSK) DALAM PENDAMPINGAN PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DI KECAMATAN KABANDUNGAN KABUPATEN SUKABUMI

IHWAN AKMAL MAULANA, 172020029 (2022) PERAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN (TKSK) DALAM PENDAMPINGAN PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DI KECAMATAN KABANDUNGAN KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Akmal.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFIS & DAFTAL.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Dalam Pendampingan Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Di Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi”. Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) adalah seseorang yang diberi tugas untuk melaksanakan pendampingan sosial dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ditingkat kecamatan. Peran-peran yang perlu dilaksanakan oleh TKSK selama melaksanakan tugasnya di lapangan meliputi fasilitator, broker, enabler, mediator, pendidik dan perencana sosial. Peranan tersebut berguna untuk mengembangkan penyelenggaraan sosial yang salah satunya menyangkut pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Kelompok Usaha Bersama sebagai salah satu program pemerintah yang ada pada Kementerian Sosial Republik Indonesia Khususnya Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan pemberian modal usaha melalui program Bantuan Langsung Pemberdayaan Sosial (BPLS) untuk mengelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Program KUBE inilah yang dapat dijadikan fokus bagi TKSK dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin melalui pengembangan usaha. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dimana instrument penelitian dengan cara wawancara dan observasi secara langsung, adapun informan dalam penelitian ini adalah infoman yang dirasa tepat untuk menjadi informan dalam penelitian atau bisa disebut dengan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana peran TKSK dalam pendampingan program KUBE di Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terdapat beberapa temuan ynag menjelaskan bahwa peran TKSK di Kecamatan Kabandungan sudah berjalan dengan baik dan dirasa maksimal oleh para pendamping yang mana TKSK bekerjasama dengan PUSKESOS dalam mendampingi program KUBE. Tetapi pada pelaksanaanya masih ada kekurangan yang muncul sehingga muncul beberapa hambatan hambatan geografis, hambatan teknis dan hambatan sumber daya manusia (SDM). Selain tenaga kesejahteraan sosial kecamatan, keluarga atau kelompok juga memiliki hambatan tersendiri yaitu hambatan teknis dan hambatan sumber daya manusia (SDM). Kata Kunci: Peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Mar 2022 05:15
Last Modified: 28 Mar 2022 05:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56531

Actions (login required)

View Item View Item