ANALISIS BREAK EVENT POINT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA (Studi Kasus Usaha Martabak Bangka Kubang Syamsir Cabang Awiligar, Bandung Periode Januari-Maret 2021)

Silviani Nur Arif, 172040078 (2022) ANALISIS BREAK EVENT POINT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA (Studi Kasus Usaha Martabak Bangka Kubang Syamsir Cabang Awiligar, Bandung Periode Januari-Maret 2021). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia semakin banyak individu yang melakukan aktivitas bisnis. Bisnis merupakan aktivitas yang dilakukan oleh satu individu. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang bergerak dalam hal perdagangan, yang mana menyangkut aktivitas berwirausaha. Martabak Bangka “Kubang Syamsir” yaitu salah satu usaha yang bergerak dalam bidang kuliner yang sangat potensial untuk dikembangkan, yang berada dijalan Awiligar Raya No.43, Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Bandung Jawa Barat Tujuan penelitian laporan ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran umum Usaha Martabak Bangka Kubang Syamsir. (2) Untuk mengetahui perhitungan laporan biaya produksi dan kondisi laba rugi pada Usaha Martabak Bangka Kubang Syamsir. (3) Untuk menganalisis Break Even Point sebagai alat perencanaan laba pada Usaha Martabak Bangka Kubang Syamsir. Dan (4) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Break Even Point sebagai alat perencanaan laba pada Usaha Martabak Bangka Kubang Syamsir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa observasi non partisipan dan wawancara terstruktur. Analisis data yang digunakan analisis break even point dengan metode persamaan, metode sederhana, metode grafis, dan marjin kontribusi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, laporan laba dan rugi yang telah diperoleh dan menganalisa periode Januari hingga Maret 2021 pada UMKM Martabak Kubang Syamsir Kota Bandung cabang awiligar mengalami fluktuasi hal ini disebabkan volume penjualan menurun setiap bulannya. Analisis Break Event Point berfungsi sebagai alat perencanaan laba pada usaha Martabak Bangka Kubang Syamsir, Penjualan Usaha Martabak Bangka Kubang Syamsir dari Bulan Januari-Maret 2021 tidak mengalami kerugian karena penjualan usaha tersebut mampu mencukupi biaya yang dikeluarkan serta mendapatkan laba, Faktor-faktor yang terjadi pada UMKM Martabak Kubang Syamsir dibagi menjadi dua aspek yang pertama factor eksternal seperti supplier, selera konsumen dan pesaing sedangkan faktor internal seperti harga jual dan volume produksi. Saran-saran yang dapat peneliti berikan diharapkan dapat membantu permasalahan yang terjadi dan menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan metode alat perencanaan laba. Kata Kunci: Break Even Point

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Mar 2022 05:11
Last Modified: 28 Mar 2022 05:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56530

Actions (login required)

View Item View Item