PENGARUH LOKASI USAHA TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI KREASI KOPI CIBADUYUT BANDUNG

Karina Permata Dini, 172040065 (2022) PENGARUH LOKASI USAHA TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI KREASI KOPI CIBADUYUT BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Kreasi Kopi merupakan usaha kedai kopi yang bergerak dibidang food and baverage yang khususnya memproduksi produk olahan kopi dan non kopi namun peneliti lebih memfokuskan terhadap lokasi usaha yang menjadi salah satu faktor pertimbangan konsumen untuk berkunjung. Kreasi Kopi Cibaduyut Bandung dijadikan sampel pengujian analisis pemilihan lokasi usaha terhadap Kreasi Kopi yang seringkali mengalami penurunan volume penjualan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lokasi usaha terhadap volume penjualan di Kreasi Kopi Cibaduyut Bandung. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan angket, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan, jurnal dan internet. Teknik analisis data yang digunakan dalam menghitung pengaruh lokasi usaha terhadap volume penjualan dengan menggunakan uji validitas instrumen, analisis regreasi linier sederhana, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Dengan landasan teori yang digunakan adalah indikator lokasi usaha dan indikator volume penjualan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kondisi volume penjualan di Kreasi Kopi Cibaduyut Bandung selalu tidak mencapai target dari periode Maret-Juli 2020 yang disebebkan oleh faktor pemilihan lokasi usaha yang memiliki akses yang sulit dijangkau oleh konsumen, visibilitas yang hanya dilihat oleh warga komplek perumahan yang lalulalang karena Kreasi Kopi berada diwilayah kompek perumahan, selain itu faktor tempat parkir yang kurang memadai. Hal ini mempengaruhi terhadap volume penjualan yang tidak mencapai target setiap bulan-nya. Usaha untuk meningkatkan volume penjualan telah dilakukan oleh Kreasi Kopi seperti kegiatan pemasaran tradisional dan modern menggunakan media sosial berupa Instagram advertising . Dan selalu melakukan inovasi pada menu yang ditawarkan. Saran yang dapat peneliti berikan adalah pemilik usaha sebaiknya meningkatkan kegiatan promosi dengan memanfaatkan berbagai sosial media yang sedak dilirik banyak orang seperti tiktok dan membuat konten yang kreatif agar menarik konsumen untuk berkunjung yang akan berpengaruh terhadap peni8ngkatan volume penjualan.Pemilik usaha sebaiknya melakukan interaksi yang lebih baik dan komunikatif terhadap pembeli untuk meningkatkan penjualan. Kreasi Kopi bisa melakukan kerjasama atau kolaborasi dengan usahya yang sejenis untuk memperluas target pasar. Sebaiknya pemilik usaha memperhatikan faktor￾faktor apam saja yang akan mempengaruhi volume penjualan agar bisa konsisten mencapai target penjualan setiap bulannya dan perkembangan pada usaha. Kata Kunci: Penelitian, Lokasi Usaha, Volume Penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Mar 2022 05:29
Last Modified: 26 Mar 2022 05:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56510

Actions (login required)

View Item View Item