Pengaruh Kebijakan OPEC Terhadap Penurunan Produksi Minyak Dunia (Analisis Respon Rusia Terhadap Kebijakan OPEC Periode 2020)

Arini Permata Sari, 172030074 (2022) Pengaruh Kebijakan OPEC Terhadap Penurunan Produksi Minyak Dunia (Analisis Respon Rusia Terhadap Kebijakan OPEC Periode 2020). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
4. Bab 1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. bab 2.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Keterkaitan suatu isu global dengan isu global lainnya tidak dapat dihindari, seperti yang terjadi pada tahun 2020 ini yang dimana terjadi krisis kesehatan akibat dari munculnya virus baru yang disebut dengan coronavirus yang kemudian ditetapkan sebagai pandemik oleh WHO menyebabkan banyaknya negara di dunia yang melakukan karantina wilayah atau dikenal dengan lockdown sebagai upaya menghambat penyebaran penyakit tersebut. Lockdown merupakan penerapan karantina pada suatu daerah atau wilayah tertentu yang mengharuskan masyarakat untuk tetap berada di rumah dengan tujuan mencegah perpindahan orang, baik keluar maupun memasuki wilayah tersebut. Biasanya kebijakan ini diberlakukan dengan tujuan tertentu yang bersifat mendesak. Efek yang timbul dari kebijakan lockdown ini adalah sedikitnya kegiatan yang terjadi baik sekedar bersosial hingga penutupan suatu negara. Akibat dari banyaknya negara yang melakukan lockdown dengan menutup perbatasan negaranya dengan menutup bandara hingga perbatasan laut, melarang masyarakat untuk keluar rumah bahkan sekadar untuk berkerja sehingga banyak produksi barang dan jasa dalam negeri yang mengalami pemotongan maupun pemberhentian membuat krisis kesehatan ini mempengaruhi ekonomi dunia, dengan banyaknya jumlah masyarakat dunia yang mengalami krisis kesehatan ini banyak negara yang melakukan penghematan anggaran belanja demi membeli alat kesehatan, salah satu sektor yang terkena dampak ini adalah sektor perminyakan dunia. OPEC selaku organisasi yang berisikan negara eksportir minyak tentu terpengaruh oleh keadaan lockdown tersebut, sehingga membuat OPEC harus mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi kerugian akibat dari menurunnya permintaan minyak, yaitu dengan memberlakukan kebijakan penurunan produksi minyak dunia bagi negara-negara anggota OPEC, negara sekutu serta negara eksportir minyak lainnya. Hal ini berlaku terutama bagi Rusia selaku negara sekutu sekaligus pemimpin dari negara-negara sekutu yang tergabung dalam OPEC+ untuk menentukan apakah kebijakan yang dilakukan OPEC dapat memperbaiki sektor perminyakan dunia. Atas dasar tersebut, penulis ingin menganalisis mengenai kebijakan OPEC tersebut dan bagaimana respon negara eksportir lainnya yang dipimpin oleh Rusia, selain itu penulis akan membahas mengenai dampak dari pemberlakuan kebijakan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orgaanisasi internasional dapat menentukan sebuah kebijakan bagi negara-negara lainnya. Kata Kunci : Lockdown, Minyak Dunia, OPEC, Rusia, Penurunan Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:56
Last Modified: 26 Mar 2022 02:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56501

Actions (login required)

View Item View Item