PENGARUH MODAL KERJA, STRUKTUR MODAL DAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS SERTA IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN (STUDI PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010 – 2019)

Irvan Y. Pardistya, NPM : 159010050 (2022) PENGARUH MODAL KERJA, STRUKTUR MODAL DAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS SERTA IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN (STUDI PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010 – 2019). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Irvan Y Pardistya.docx

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini untuk meninjau Pengaruh Modal Kerja, Struktur Modal dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas serta implikasinya terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan LQ 45 yang Listing Tahun 2010-2019 di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Azhar Affandi, SE., MSc dan Dr. Hj. Ellen Rusliati, SE., MSIE. Adapun tujuannya, untuk memperoleh bukti-bukti empirik dan menemukan kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang pengaruh ketiga variabel tersebut diatas, terhadap Profitabilitas dan nilai perusahaan. Unit analisis pada penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan-perusahaan pada LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2019. Disertasi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu ekonomi khususnya; pengembangan tatakelola kelembagaan, tatakelola perusahaan milik negara, kepemimpinan yang profesional, manajemen strategik dan manajemen keuangan. Metodelogi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi data panel dengan tingkat kepercayaan 95%. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purporsive sampling. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1.Profitabilitas nilai perusahaan dan modal kerja memiliki kategori nilai yang tinggi, sedangkan untuk struktur modal dan CSR memiliki kategori nilai sedang atau cukup. 2.Terdapat pengaruh simultan dari Modal Kerja, Struktur Modal dan CSR terhadap Profitabilitas sebesar 50,2%. 3.Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan sebesar 68,1%. 4.Modal Kerja berpengaruh terhadap Profitabilitas sebesar 44,5% 5.Struktur Modal berpengaruh terhadap Profitabilitas sebesar 7,5% 6.CSR tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas namun berkontribusi sebesar -1,5%. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan variabel yang menjadi tolak ukur dalam mengukur profitabilitas adalah Modal Kerja, Struktur Modal dan CSR. Adapun dalam memprediksi destinasi akhir profitabilitas adalah menghubungkannya dengan nilai perusahaan. Variabel-variabel tersebut memiliki keterkaitan satu dengan lainnya. Hubungan tersebut sehingga mampu memberikan hasil dalam memprediksi model penelitian. Hasilnya dengan demikian, dapat memprediksi hubungan antar variabel. Kata Kunci : Modal Kerja, Struktur Modal, Corporate Social Responsibility (CSR), Protabilitas, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 25 Mar 2022 04:26
Last Modified: 25 Mar 2022 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56476

Actions (login required)

View Item View Item