FAKTOR DETERMINAN KEUNGGULAN BERSAING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 IMPLIKASINYA PADA KINERJA PTS (SURVEY PADA PTS DI LLDIKTI WILAYAH IV JAWA BARAT DAN BANTEN)

DHARNITA CHANDRA, NPM : 189010034 (2022) FAKTOR DETERMINAN KEUNGGULAN BERSAING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 IMPLIKASINYA PADA KINERJA PTS (SURVEY PADA PTS DI LLDIKTI WILAYAH IV JAWA BARAT DAN BANTEN). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Dharnita Chandra.docx

Download (62kB)

Abstract

Dharnita Chandra, NPM : 189010034, Faktor Determinan Keunggulan Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0 Implikasinya pada Kinerja PTS ( Survey pada PTS di LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten. Dengan Prof. Dr. H. Azhar Affandi, SE, MSc, selaku Promotor dan Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, SE, MSi selaku Co. Promotor. Latar Belakang Penelitian ini didasarkan pada fenomena bahwa kinerja PTS di LLDIKTI Wilayah IV masih jauh dari harapan. Salah satu indikator yang digunakan adalah masih banyaknya PTS di LLDIKTI IV yang belum terakreditasi institusinya. Berdasarkan observasi dan survei pendahuluan menunjukkan bahwa kepemimpinan resonan, teknologi infomasi dan komunikasi, modal intelektual, budaya PTS, keunggulan bersaing merupakan pendorong terhadap peningkatan kualitas dan produktivitas dalam kinerja Universitas Swasta khususnya di lingkungan LLDIKTI wilayah IV dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 akan tetapi semuanya itu masih belum memenuhi harapan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh Kepemimpinan Resonan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Modal Intelektual dan Budaya PTS terhadap Keunggulan Bersaing dan Implikasinya pada Kinerja PTS. Populasi dalam penelitian ini adalah para rektor, ketua senat, para wakil rektor, dan SPMI di lingkungan LLDIKTI wilayah IV yang telah terakreditasi institusi BAN PT. Dalam penelitian ini ukuran sampel ditentukan dalam bentuk uji statistika yang akan digunakan yaitu model persamaan struktural atau Struktural Equation Modeling (SEM). Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pemaparan secara deskriptif dan verifikatif. Jumlah responden 320 orang terdiri dari para rektor, ketua senat, para wakil rektor, dan SPMI di lingkungan LLDIKTI wilayah IV yang telah terakreditasi institusi BAN PT. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh simultan kepemimpinan resonan, teknologi infomasi dan komunikasi, modal intelektual dan budaya PTS terhadap Keunggulan Bersaing sebesar 74.03 %. Variabel Budaya PTS merupakan variabel dominan yang mempengaruhi Keunggulan Bersaing. Sedangkan pengaruh Keunggulan bersaing terhadap Kinerja PTS sebesar 79.26 % . Kata Kunci : Kinerja PTS, Keunggulan Bersaing, Kepemimpinan Resonan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Modal Intelektual dan Budaya PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:56
Last Modified: 22 Mar 2022 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56433

Actions (login required)

View Item View Item