Analisis Semiotika Iklan “BUKALAPAK EDISI HALUBOLNAS 12.12 “.

Muhamad Agam Firdaus, 172050049 (2022) Analisis Semiotika Iklan “BUKALAPAK EDISI HALUBOLNAS 12.12 “. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Iklan “BUKALAPAK EDISI HALUBOLNAS 12.12 “. Iklan BukaLapak edisi Halubolnas 12.12 ini memiliki makna tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pesan dan makna yang terkandung pada iklan BukaLapak edisi Halubolnas 12.12 ini. Pada penelitian ini makna dibagi menjadi tiga unsur sesuai dengan konsep semiotika Roland Barthes. Makna yang pertama yaitu denotasi merupakan makna kata atau kelompok kata yang didasarkan atas pertunjukan yang lugas serta sifatnya objekif. Makna yang kedua yaitu konotasi merupakan aspek makna dari sebuah kata, yang didasarkan atas pikiran atau perasaan yang ditimbulkan pada pembicara dan pendengar. Makna ketiga yaitu mitos yang menggabungkan antara denotatif dan konotatif yang merupakan sebuah ideologi, yang berfungsi untuk mengungkapkan dan memberikan pembenaran bagi nilai-nilai dominan yang berlaku dalam suatu periode tertentu. Pada penelitian ini di tunjukan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas sosial yang coba dibangun dalam iklan tersebut. Metode yang dipilih dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barhes, penelitian menggunakan teori Konstruksi Realitas Sosial yang di kemukakan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Penelitian kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail, data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriptif kedalam bentuk paragraph. Hasil dari penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah kepada sesuatu hal yang murah, serta keuntungan yang didapatkan sehingga seakan-akan orang-orang tidak mempercayai promo tersebut. KATA KUNCI : Semiotika, BukaLapak, Harbolnas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:04
Last Modified: 22 Mar 2022 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56431

Actions (login required)

View Item View Item