PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCYLE 7E BERBASIS E-LEARNING DITINJAU BERDASARKAN GENDER

Fera Anindya Bunga Asmara, NPM. 188060045 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCYLE 7E BERBASIS E-LEARNING DITINJAU BERDASARKAN GENDER. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Fera Anindya Bunga Asmara_MPM.docx

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender, (2) mengkaji peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender, (3) mengkaji self-regulated learning siswa yang mendapat pembelajaran model Learning Cycle 7E dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender, (4) mengkaji korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan self-regulated learning siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E dan yang memperoleh model pembelajaran konvensional berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis e-learning, e-learning yang digunakan dalam penelitian ini yaitu zoom meeting dan microsoft kaizala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed methods) tipe Embedded Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Al Azhar 36 Bandung. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 4 kelas. Diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen laki-laki, VII E sebagai kelas eksperimen perempuan yang mendapatkan model Learning Cycle 7E dan kelas VII B sebagai kelas kontrol laki-laki, VII D sebagai kelas kontrol perempuan yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan koneksi matematis, angket skala self-regulated learning, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender, (2) terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender, (3) self-regulated learning siswa yang mendapat pembelajaran model Learning Cycle 7E lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender, (4) tidak terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan self-regulated learning siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E dan yang memperoleh model pembelajaran konvensional berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender. Kata kunci: Learning Cycle 7E, kemampuan koneksi matematis, self-regulated learning

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:54
Last Modified: 21 Mar 2022 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56412

Actions (login required)

View Item View Item