PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS E-LEARNING DITINJAU BERDASARKAN GENDER

Nurul Intan Septiani, NPM : 188060042 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS E-LEARNING DITINJAU BERDASARKAN GENDER. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Nurul Intan S.docx

Download (121kB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis sangat diperlukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Namun kemampuan penalaran matematis siswa ternyata masih rendah. Guru dalam menyampaikan materi terasa monoton, sehingga siswa kurang aktif dan kurang dapat menyampaikan ide-ide mereka, sehingga daya nalar siswa tidak dapat berkembang dengan baik. Salah satu alternatif pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis adalah pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk:1)Mengkaji peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender;2)Mengkaji peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan Discovery Learning berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender;3)Mengkaji kemandirian belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan Discovery Learning dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender;4)Mengkaji korelasi antara kemampuan penalaran matematis siswa dengan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender. Menurut metodenya, penelitian ini menggunakan metode mix method tipe embedded design dan desainnya menggunakan quasi-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Islam Al Azhar 36 Bandung tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan:1)Kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model ekspositori berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender; 2)Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model discovery learning berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender;3)Kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan discovery learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model ekspositori berbasis e-learning ditinjau berdasarkan gender; 4)Terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan discovery learning dengan yang memperoleh pembelajaran ekspositori berbasis e-learning berdasarkan gender. Kata kunci: Penalaran Matematis, Discovery Learning, Kemandirian Belajar, E-

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:44
Last Modified: 21 Mar 2022 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56410

Actions (login required)

View Item View Item